Iman Bisa Goyah

Iman Bisa Goyah
KH. Dr. Abdi Kurnia Djohan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Iman Bisa Goyah

Oleh KH. Dr. Abdi Kurnia Djohan

Jika ada orang yang mengatakan bahwa iman di hatinya tidak akan goyah, itu artinya dia sedang berdusta. Karena Rasulullah pernah mengatakan :

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

الإِيْمَانُ يَزِيْدُ وَيَنْقُصُ

Iman itu bisa bertambah dan (bisa) berkurang

Para ulama menjelaskan, bahwa iman dapat bertambah karena ketaatan, dan berkurang karena kemaksiatan.

Perkataan Rasulullah di atas dalam pengertian lain menjelaskan iman itu bisa goyah. Cukup dianggap sebagai pendusta, orang yang mengatakan bahwa imannya tidak akan goyah, walaupun sejuta kemaksiatan dihadirkan di hadapannya.

Jika yang bersangkutan masih menolak, cukuplah Allah menunjukkan kisah Nabi Yusuf sebagai contoh goyahnya iman :

(وَلَقَدۡ هَمَّتۡ بِهِۦۖ وَهَمَّ بِهَا لَوۡلَاۤ أَن رَّءَا بُرۡهَـٰنَ رَبِّهِۦۚ كَذَ ٰ⁠لِكَ لِنَصۡرِفَ عَنۡهُ ٱلسُّوۤءَ وَٱلۡفَحۡشَاۤءَۚ إِنَّهُۥ مِنۡ عِبَادِنَا ٱلۡمُخۡلَصِینَ)

Dan sungguh, perempuan itu telah berkehendak kepadanya (Yusuf). Dan Yusuf pun berkehendak kepadanya, sekiranya dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, Kami palingkan darinya keburukan dan kekejian. Sungguh, dia (Yusuf) termasuk hamba Kami yang terpilih. (QS. Yusuf: 24)

Namun, karena beliau seorang Nabi dan juga Rasul, maka Allah berikan pertolongan kepadanya. Tapi, bagaimanakah dengan yang awam seperti kita-kita? Jangan pernah sekali-kali mendekati risiko.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *