Joe Biden Presiden AS Tertua, Ini dia Track Record-nya

Presiden terpiliha AS ke-46 Joe Biden. Foto: Dok Reuters/Bryan Snyder
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Joe Biden dan Kamala Harris dipastikan akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS). Berdasarkan suara electoral, Joe Biden dan Harris dari Partai Demorak mengalahkan petahana Trump dan Michael dari Partai Republik dengan 290 versus 214, pada Minggu (8/11/2020) pagi.

Hajinews.id mencoba mengulik sosok Joe Biden yang saat kampanye Pilpres 2020 kemarin mengutip hadis Nabi Muhammad SAW. Dia juga berjanji jika terpilih nanti kaum Muslim akan mengisi jajaran stafnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Hadis dari Nabi Muhammad menginstruksikan, Barang siapa di antara kamu yang melihat kemunkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya, jika tidak mampu hendaklah ia mengubah dengan lisannya, jika tidak mampu hendaklah ia mengubah dengan hatinya, dan itulah keimanan yang paling lemah,” ujar Biden saat kampanya Pilpres AS kemarin.

Ya, Joe Biden memiliki nama panjang Joseph Robinette Biden Jr. Dia adalah seorang politikus dari partai Demokrat yang sempat menjabat sebagai wakil Presiden ke-46 saat pemerintahan presiden ke-44 Barack Hussein Obama II dari 2009 hingga 2017.

Joe Biden lahir di Kota Scranton, Pennsylvania pada 1942. Sebelum menjadi Wapres AS, Biden sempat menjabat sebagai Senator AS untuk Delware dari 1973 hingga 2009. Di kota kelahiran Biden, dia menang tipis atas Trump.

Pria yang kini berusia 77 tahun ini juga sempat mewakili Partai Demokrat untuk presiden pada tahun 1988 dan 2008 lalu. Biden telah mengabdi dalam kehidupan publik selam sekitar setengah abad.

Saat pandemi Covid-19 melanda Negeri Paman Sam, Biden salah satu orang yang cepat merumuskan rekomendasi setelah mendapatkan saran dari parah ahli kesehatan dan ekonomi.

Dia menyarankan membuat tes Covid-19 dapat diakases secara luas dan gratis, serta tidak ada biaya bagi pasien yang menerima vaksin. Hal ini berbeda dengan Trump yang bereaksi terlalu lambat.

Melansir The New York Time, alasan mengutamakan kesehatan masyarakat, karena Biden sempat kehilangan istri pertama Neilia Hunter dan bayi perempuannya, Naomi, dalam kecelakaan mobil pada tahun 1972, dan pada tahun 2015, putranya Beau Biden meninggal karena kanker otak.

Sebagai mantan ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Biden akan menjadi Presiden AS tertua dalam sejarah pada pelantikannya, pada usia 78 tahun. (mh)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar