Kesemutan Bisa Jadi Tanda Berbagai Penyakit, Atasi dengan 4 Makanan Bernutrisi Ini

Kesemutan Bisa Jadi Tanda Berbagai Penyakit, Atasi dengan 4 Makanan Bernutrisi Ini
Pisang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HajinewsParestesia atau yang lebih dikenal dengan kesemutan merupakan sensasi geli, mati rasa, sekaligus sakit seperti tertusuk jarum. Biasanya sensasi ini terjadi pada kaki, tangan, dan beberapa bagian tubuh lainnya yang sering mendapat tekanan.

Setidaknya, ada dua jenis kesemutan yang sering dialami, yakni kesemutan sementara dan kesemutan berkepanjangan. Kesemutan sementara bisa terjadi karena aliran darah pada saraf tidak lancar akibat adanya tekanan dalam waktu yang cukup lama.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sementara kesemutan berkepanjangan bisa jadi merupakan tanda beberapa penyakit, seperti diabetes, gangguan ginjal, lever, stroke, tumor otak, kanker, dan berbagai penyakit lainnya.

Tentu jika yang dialami adalah kesemutan berkepanjangan, konsultasi kepada dokter merupakan solusi terbaik. Akan tetapi, untuk meredakannya, cobalah mengonsumsi makanan pereda kesemutan.

Dirangkum Hajinews dari akun Twitter, @katapaktani, inilah 4 makanan alami yang ampuh atasi kesemutan pada tubuh:

1. Jahe dan Kunyit

Makanan pertama yang ampuh mengatasi kesemutan adalah jahe dan kunyit. Bisa dibilang dua rempah ini sepaket dalam meredakan kesemutan yang sering terjadi, sehingga lebih cocok dikonsumsi secara bersamaan.

Jahe dan kunyit memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan rasa sakit, termasuk mengatasi kesemutan yang bisa jadi tanda berbagai macam penyakit.

2. Jamur

Selain jahe dan kunyit, jamur juga diketahui memiliki nutrisi yang sangat baik untuk mengatasi kesemutan. Selain itu, rasanya yang lezat pun tidak membuat orang yang memakannya merasa sedang mengonsumsi obat.

Jamur dikenal sebagai salah satu sumber vitamin D yang dibutuhkan untuk mengatasi kesemutan. Kekurangan vitamin D memicu berbagai macam penyakit, salah satu gejalanya ialah kesemutan.

3. Pisang

Makanan pereda kesemutan selanjutnya adalah pisang. Buah yang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh ini, ternyata baik juga dikonsumsi untuk menghilangkan kesemutan yang sering dialami.

Makan pisang secara rutin, sebab buah ini adalah sumber vitamin B6 yang baik untuk memperbaiki saraf yang tidak bekerja secara optimal sehingga menyebabkan kesemutan.

4. Alpukat

Salah satu buah yang paling laris di penjual jus ini memang memiliki rasa yang lezat. Selain lezat, buah ini juga membawa kebaikan bagi kesehatan manusia, salah satunya mengatasi masalah kesemutan.

Sama seperti pisang, alpukat juga kaya vitamin B6 yang mampu meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh dan membantu melancarkan peredaran darah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar