Barack Obama: Hasil Pilpres 2020 AS Tetap Memecah Belah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Mantan Presiden Barack Obama mengatakan hasil pemilihan presiden 2020 menunjukkan bahwa Amerika Serikat (AS) masih tetap terpecah belah.

“Apa yang dikatakan (dari hasil pilpres) adalah kita masih sangat terpecah,” ujar Obama.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kondisi itu membuat Obama khawatir. “Ya. Sangat sulit bagi demokrasi kita untuk berfungsi jika kita beroperasi berdasarkan fakta yang sama sekali berbeda,” kata Obama.

Dalam kesempatan itu, Obama juga membela kampanye aktifnya untuk presiden terpilih, Joe Biden dengan mengatakan bahwa Biden akan menjamin kritik publik, sesuatu yang tidak dilakukan oleh Trump.

“Saya pikir kita berada dalam keadaan di pilpres ini di mana norma-norma tertentu, nilai-nilai kelembagaan tertentu yang sangat luar biasa penting, telah dilanggar. Itu penting bagi saya, sebagai seseorang yang pernah menjabat di kantor itu, untuk sekadar memberi tahu orang-orang ‘Ini tidak normal’,” terangnya.

Trump menolak kekalahannya dan berulang kali mengklaim tanpa bukti bahwa pilpres telah dicurangi dan mengajukan tuntutan hukum atas hasil pilpres. Transisi formal antara pemerintah Trump dan pemerintahan Biden-Harris kemungkinan akan tetap ditunda.

Dalam wawancara terpisah dengan CBS’ Scott Pelley yang ditayangkan Minggu malam di “60 Minutes”, Obama mengecam pejabat Republik karena mendukung klaim palsu Trump atas kecurangan pilpres dan menyebut tuduhan itu membahayakan demokrasi.

“Kami tidak akan pernah menerima itu dari anak-anak kami sendiri yang berperilaku seperti itu jika mereka kalah, bukan? Maksud saya, jika putri saya, dalam kompetisi apa pun, cemberut dan kemudian menuduh pihak lain curang jika mereka kalah, bila tidak ada bukti, kami akan memarahi mereka,” kata Obama.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *