Alasan Utama Kenapa Penderita Diabetes Harus Selalu Memeriksa Bagian Kaki

Alasan Utama Kenapa Penderita Diabetes Harus Selalu Memeriksa Bagian Kaki
Ulkus Diabetikum
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Orang dengan diabetes harus memeriksakan kaki mereka setidaknya setahun sekali di layanan kesehatan. Ini juga bisa dilakukan setiap hari untuk melihat ada tidaknya perubahan-perubahan kondisi di bagian kaki.

Komplikasi kaki relatif umum, dengan ulkus diabetes kaki saja mempengaruhi 1 dari 10 penderita diabetes, dan perlu ditangani dengan cepat untuk mencegahnya menjadi lebih serius.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tujuan Pemeriksaan pada Bagian Kaki

Diabetes dapat mempengaruhi saraf serta sirkulasi darah yang penting bagi kaki kita.

Lepuh, luka bakar, dan luka mungkin terjadi dan jika Anda menderita kerusakan saraf, Anda mungkin tidak merasakan sakitnya.

Mungkin tidak mudah untuk menemukan kerusakan saraf karena muncul secara bertahap; Inilah sebagian alasan mengapa pemeriksaan kaki sekali setahun penting.

Sirkulasi darah perlu diperiksa karena sirkulasi yang baik dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kaki Anda; dari saraf dan otot di dalam hingga kulit luar.

Seberapa sering pemeriksaan kaki harus dilakukan?

Penderita diabetes harus melakukan pemeriksaan kaki setidaknya setahun sekali.

Ingatlah bahwa sangat penting untuk memeriksa kaki Anda sendiri setiap hari, karena masalah kaki dapat dengan cepat menjadi serius. Jika Anda melihat ada perubahan atau kerusakan pada kaki Anda, beri tahu dokter Anda dan dokter atau ahli penyakit kaki Anda dapat menilai dan menangani masalah tersebut.

Pemeriksaan kaki tersebut dapat dilakukan oleh konsultan diabetes, dokter umum, ahli penyakit kaki, atau perawat.

Pemeriksa akan sering menanyakan beberapa pertanyaan tentang pengendalian diabetes Anda, kaki Anda atau kondisi kesehatan lain yang mungkin berhubungan langsung.

Anda akan diminta untuk melepas sepatu dan kaus kaki Anda sehingga penguji dapat melakukan beberapa tes pada kaki Anda.

Cara Pemeriksaan Kaki

Pemeriksa akan dilakukan dengan cara menyentuh sejumlah jari kaki Anda dan terkadang bagian lain dari kaki untuk menguji apakah saraf Anda mendeteksi perasaan tersebut.

Penguji akan menggunakan instrumen plastik kecil (monofilamen), biothesiometer atau garpu tala yang telah dikalibrasi untuk melakukan ini.

Pemeriksa juga dapat menguji denyut nadi di kaki Anda dan mungkin juga memeriksa tekanan darah di kaki Anda.

Kaki Anda juga akan diperiksa untuk melihat apakah ada kerusakan pada kaki seperti:

  • Cuts
  • Luka bakar
  • Lepuh
  • Kapalan
  • Ada masalah dengan kuku. Jika ada, mereka akan dapat memberi tahu cara terbaik untuk merawatnya atau Anda mungkin dirujuk ke ahli penyakit kaki.

Cara Merawat Kaki

Penting untuk memeriksa kaki Anda secara teratur, idealnya setiap hari, apakah ada tanda-tanda kerusakan pada kaki yang dapat mencakup luka, luka bakar, lecet, memar atau perubahan warna.

Jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan pada kaki Anda, hubungi tim kesehatan Anda yang dapat memberi tahu Anda tentang pengobatan atau perawatan yang mungkin perlu Anda terapkan.

Sumber : Tribun

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *