Darurat, Vaksin Covid-19 Segera Didistribusikan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih melakukan analisis keamanan dan efektivitas vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Begitu hasilnya keluar, BPOM akan memberikan izin penggunaan darurat vaksin bisa segera didistribusikan.

“BPOM akan berikan EUA pada waktunya. Saat ini data-data sedang dianalisis, walau uji klinis sudah selesai,” ujar Kepala BPOM, Penny Lukito di Jakarta, Senin (23/1/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sejauh ini, BPOM menyatakan aspek keamanan dalam uji klinis terpantau cukup baik. Selain itu, aspek mutu dari vaksin Sinovac juga positif.

Kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pihaknya terus melakukan persiapan untuk simulasi vaksin virus Corona. Persiapan yang dilakukan salah satunya adalah sarana dan prasarana hingga Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kemenkes melakukan berbagai persiapan mulai dari SDMnya, kemudian fasilitas sarana prasarananya, dan melakukan simulasi-simulasi untuk melancarkan bila saatnya vaksinasi nanti dilaksanakan,” ucap Terawan.

Simulasi yang dilakukan terkait bagaimana pendistribusian vaksin virus Corona secara detail. Hal ini agar pemerintah bisa mengantisipasi gangguan apa saja yang akan dihadapi saat distribusi vaksin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan telah melihat proses simulasi di lapangan. Sejauh ini, ia menyatakan proses itu berjalan dengan baik.

“Saya minta simulasi ini terus dilakukan. Saya akan mengecek mungkin satu atau dua kali lagi sehingga nanti saat pelaksanaan betul-betul pada kondisi yang sudah sangat baik,” kata Jokowi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar