3 Makanan yang Dapat Membersihkan Pembuluh Darah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kesehatan pembuluh darah sangat penting diperhatikan. Pembuluh darah yang tersumbat bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung, hipertensi, hingga stroke.

Tapi, bagaimana cara membersihkan pembuluh darah yang dipenuhi lemak dan kolestrol? Tentu saja dengan memastikan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan kedua pembuluh darah. Apa saja? Mengutip klikdokter.com, inilah rinciannya:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1.Ikan

Ikan mengandung jenis lemak sehat, yang justru bersifat melindungi kesehatan pembuluh darah dan jantung. Salah satu jenis lemak yang terkandung dalam ikan adalah omega-3. Omega-3 dikenal sebagai lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Beberapa jenis ikan yang kaya akan omega-3 adalah tuna, salmon, dan makerel.

2. Kacang-kacangan

Secara alami, kacang-kacangan kaya akan lemak tak jenuh, vitamin, serat, dan antioksidan. Tak cuma itu, kacang-kacangan juga merupakan makanan yang sehat untuk jantung dan pembuluh darah asalkan diolah dengan cara yang benar.Kacang almon, kacang tanah, kedelai, dan kacang mede misalnya. Jenis kacang-kacangan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah apabila diolah dengan dikukus atau direbus.

Hindari mengolah atau mengonsumsi kacang-kacangan yang digoreng, karena bisa merusak manfaat sehatnya.

3. Kopi

Kopi mengandung antioksidan yang mampu melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah jika dikonsumsi sebanyak dua cangkir sehari. Agar manfaatnya maksimal, Anda dianjurkan untuk konsumsi kopi yang tidak ditambahkan campuran gula dalam bentuk apa pun.

Hindari mengonsumsi kopi lebih dari dua cangkir per hari. Sebab, konsumsi yang terlalu banyak justru dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Sertakan sumber makanan dan Minuman disebutkan tadi dalam menu harian Anda untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah tetap bersih. Meski sehat, tetapi tetap batasi porsinya jangan sampai berlebihan. Kombinasikan juga dengan olahraga teratur, kelola stres dengan baik, jauhi rokok dan alkohol, serta cukup tidur agar manfaatnya untuk tubuh bisa optimal.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar