Keutamaan Salat Dhuha

Keutamaan Salat Dhuha
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Ada banyak sekali keutamaan salat dhuha. Semua keutamaan tersebut bisa kamu temukan di beberapa hadits Rasulullah Sallahualaihiwassalam Adapun keutamaan mengerjakan salat dhuha adalah sebagai berikut.

Salat Dhuha adalah Sedekah

Rasulullah pernah menjelaskan bahwa salat dhuha merupakan salah satu bentuk sedekah orang muslim. Penjelasannya ini terdapat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Bunyi haditsnya adalah sebagai berikut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil merupakan sedekah, setiap takbir merupakan sedekah, menyuruh kebaikan merupakan sedekah, dan mencegah kemungkaran merupakan sedekah. Dan semua itu bisa disetarakan dengan mengerjakan Salat Dhuha dua rakaat”. (H.R Muslim dari Abu Dzar)

Dalam hadits yang lain, Rasulullah Sallahualaihiwassalam
menjelaskan kembali bahwa salat dhuha adalah sedekah. “Dalam diri manusia terdapat tiga ratus enam puluh ruas tulang, hendaklah ia mengeluarkan satu sedekah untuk setiap ruas itu. Para sahabat bertanya, ‘Siapa yang mampu mengerjakan hal tersebut wahai Nabi Allah?’ Nabi berkata, ‘Dahak di masjid yang engkau pendam, suatu aral yang engkau singkirkan dari jalan. Jika kamu tidak mendapatkan sesuatu yang sepadan, maka cukuplah bagimu salat Dhuha dua rakaat”. (H.R. Abu Daud dan Ahmad dari Abu Buraidah)

Salat Dhuha sebagai Simpanan Amal Cadangan

Salat dhuha bisa dijadikan sebagai simpanan amal cadangan yang bisa kamu dapat pahalanya di hari akhir. Rasulullah Sallahualaihiwassalam menjelaskan dalam haditsnya; “Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah salatnya. Jika benar (salatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan jika rusak (salatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada salat wajibnya, maka Allah berfirman, ‘Perhatikanlah, jikalau hamba-Ku memiliki salat sunah maka sempurnakanlah dengan salat sunahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan pada salat wajibnya. Jika selesai urusan salat, barulah amalan lainnya.” (H.R. Ash-habus Sunan dari Abu Hurairah RA)

Ghanimah (Keuntungan) yang Besar

Salat dhuha memiliki keutamaan salah satunya adalah di dalamnya terdapat keuntungan yang besar. Hal ini terlihat dari penjelasan hadits Rasulullah Sallahualaihiwassalam yang berbunyi “Barangsiapa salat Dhuha 2 rakaat, ia tidak akan termasuk golongan pelupa/lalai. Barangsiapa salat Dhuha 4 rakaat, akan dimasukkan kepada golongan orang-orang yang taubat (kembali kepada Allah). Barangsiapa salat Dhuha 6 rakaat, akan dicukupi kebutuhannya hari itu. Barangsiapa salat Dhuha 8 rakaat, termasuk golongan hamba-hamba yang patuh. Dan barangsiapa salat Dhuha 12 rakaat maka Allah akan membangun baginya rumah di surga”. (H.R. Thabrani dari Abu Darda’)

Tercukupi Kebutuhan Hidupnya

Orang yang rajin mengerjakan salat dhuha karena Allah akan diberikan kelapangan rezeki oleh-Nya. Dalam hadits Qudsi dari Abu Darda’ Rasulullah Sallahualaihiwassalam menjelaskan bahwa Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, rukuklah (salatlah) karena Aku pada awal siang (salat Dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari”. (H.R. Tirmidzi)

Memperoleh Pahala Haji dan Umrah

Keutamaan lain dari salat dhuha adalah menmperoleh pahala haji dan umrah bagi siapa saja yang mengerjakannya. Dalam hadits dari Anas bin Malik, Rasulullah Sallahualaihiwassalam bersabda : “Barangsiapa yang salat shubuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk Allah hingga matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan saolat dhuha dua rakaat, maka baginya seperti memperoleh pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya”. (H.R. Tirmidzi)

Diampuni Semua Dosanya meskipun Sebanyak Buih di Laut

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar