Jebakan Hutang Dibuat China untuk Kuasai Dunia Dibongkar Habis-habisan

Jebakan Hutang Dibuat China untuk Kuasai Dunia Dibongkar Habis-habisan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jebakan Hutang Dibuat China untuk Kuasai Dunia Dibongkar Habis-habisan

Hajinews — Keserakahan China bukan saja mengklaim 80 persen perairan dan pulau-pulau kecil di Laut China Selatan

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Negeri Tirai Bambu itu juga diketahui tengah berseteru memperbutkan wilayah di Himalaya Timur yang dikuasai China

Bahkan, China juga diam-diam mengincar daratan di kutub utara

Kini China tengah membangun kawasan dunia yang dinaman BRI atau Belt and Road INitiative

Dengan membentuk kawasan ini maka China bisa mengusai jalur perdagangan internasional bahkan menguasai dunia

Cara yang dilakukan adalah memberikan pinjaman ke negara-negara kecil yang sulit dibayar kembali. Dengan demikian China bisa mengusasi sumber-sumber vital di negara tersebut

China terus memperluas jangkauan diplomasi jebakan utangnya.

Negara terbaru yang jatuh ke dalam ‘jebakan utang‘ itu adalah tetangga Indonesia, yaitu Laos.

Melansir eurasiantimes.com (25/11/2020), Reuters baru-baru ini melaporkan bahwa negara kecil yang kaya sumber daya itu menyerahkan mayoritas kendali jaringan tenaga listrik nasional kepada China Southern Power Grid Company.

China Southern Power Grid Company merupakan sebuah perusahaan milik negara yang berkantor pusat di Guangzhou.

Cadangan devisa negara dilaporkan telah anjlok di bawah $ 1 miliar, memberikan kesempatan sempurna bagi China untuk menjerat Laos dengan penawaran investasi yang menguntungkan di negara tersebut.

Laos juga tahun ini diturunkan peringkatnya oleh lembaga pemeringkat Moody dari B3 menjadi Caa2, dan prospek negara-negara yang dililit utang diubah dari netral menjadi negatif karena “tekanan likuiditas yang parah.”

Negara kecil Asia Tenggara itu telah berjuang untuk membayar kembali pinjaman China, dan akhirnya menyerahkan kendali mayoritas jaringan listrik nasionalnya ke China, dengan utang perusahaan listrik milik negara itu memburuk hingga 26% dari produk domestik bruto.

China telah disalahkan karena juga menjebak banyak negara miskin lainnya dengan menawarkan paket keuangan yang menguntungkan untuk menangkal default langsung, dan sebagai gantinya, mendapatkan pegangan strategis pada aset strategis negara.

Negara-negara lain seperti Sri Lanka dan Pakistan pun telah terjebak dalam lingkaran setan mengambil pinjaman baru dari China dan membayar pinjaman lama sambil dipaksa untuk berkompromi pada aset strategis mereka.

Peta progres program Belt and Road INitiative (BRI) China.

Proyek BRI andalan China, yang diumumkan pada 2013, benar-benar merupakan upaya untuk memperluas pengaruh Beijing di seluruh dunia melalui cara yang adil dan curang, kata para analis.

Proyek tersebut telah menjadi proyek kebijakan luar negeri yang menjadi ciri khas pemimpin tertinggi Tiongkok Xi Jinping.

BRI membanggakan partisipasi dari sekitar 138 negara dan 30 organisasi internasional, dengan investasi yang diusulkan untuk menghubungkan Asia , Afrika dan Eropa senilai $ 8 triliun.

Proyek ini telah menuai kritik yang luar biasa karena banyak kesepakatan bilateral dan multilateral antara negara-negara peserta terjadi dalam kerahasiaan mutlak.

Lembaga pemikir yang berbasis di Washington, Center for Global Development memperingatkan bahwa 23 dari 68 negara yang mendapat manfaat dari investasi Belt and Road secara signifikan atau sangat rentan terhadap tekanan utang. “

Laporan tersebut menyoroti sekitar delapan negara, yaitu Djibouti , Kyrgyzstan , Laos , Mongolia , Montenegro , Maladewa , Pakistan , dan Tajikistan, yang khususnya berisiko mengalami kesulitan utang.

Di atas kertas, BRI bertujuan untuk mendukung pembiayaan infrastruktur di negara-negara Asia, Eropa, dan Afrika, dengan memberikan triliunan dolar.

Laporan tersebut, bagaimanapun, menyatakan “kekhawatiran bahwa masalah hutang akan menciptakan tingkat ketergantungan yang tidak menguntungkan pada China sebagai kreditor.

Meningkatnya utang, dan peran China dalam mengelola masalah utang bilateral, telah memperburuk ketegangan internal dan bilateral di beberapa negara BRI. ”

Ketakutan akan jebakan hutang yang digunakan China terhadap negara-negara kecil untuk mendapatkan keuntungan strategis dari mereka terbukti benar ketika Sri Lanka gagal memenuhi kontrak untuk membangun Pelabuhan Hambantota, setelah itu sebuah perusahaan China mendapatkan sewa 99 tahun sebagai imbalan.

Istilah ‘diplomasi jebakan utang‘ semakin dipercaya karena risiko teoretis menjadi nyata, dengan desain strategis Beijing menjadi sangat jelas untuk disaksikan semua orang.

“Pemindahan pelabuhan Hambantota ke Beijing di Sri Lanka dipandang setara dengan seorang petani yang berhutang banyak yang menyerahkan putrinya kepada pemberi pinjaman yang kejam,” kata analis strategis India, Brahma Chellaney dalam sebuah artikel.

Dalam kasus Pakistan, China telah memperoleh hak eksklusif dan pembebasan pajak untuk menjalankan pelabuhan Gwadarnya selama 40 tahun ke depan, secara efektif meraup 91% pendapatan yang dihasilkan dari pelabuhan tersebut.

China memiliki rencana untuk membangun pos terdepan yang strategis untuk angkatan lautnya di samping pelabuhan Gwadar.

Pakistan sangat dibatasi dalam pilihan kebijakan luar negerinya setelah ketergantungannya pada investasi China tumbuh ke titik di mana penarikan aset keuangan yang terakhir dapat menyebabkan yang sebelumnya bangkrut tanpa ada yang bisa berpaling.

Negara lain yang berada di bawah cengkeraman utang China adalah Tajikistan , yang terus meminjam dari negara yang diperintah komunis yang kaya uang itu sejak 2006 hingga terpaksa menyerahkan wilayah seluas 1.158 kilometer persegi pegunungan Pamir ke China.

Perusahaan China, selanjutnya, mendapat hak untuk menambang emas, perak dan bijih mineral lain dari wilayah tersebut.

Negara tetangga China, Kyrgyzstan , yang terhuyung-huyung di tengah ketidakstabilan politik di negara itu juga mengulurkan tangan ke Beijing bulan lalu.

Bank Ekspor-Impor China (Eximbank) memiliki lebih dari dua perlima dari hampir $ 4 miliar utang luar negeri Kyrgyzstan dan telah membiayai proyek-proyek transportasi dan energi utama di negara itu.

Negara-negara lain, mulai dari Asia hingga Afrika, merupakan daftar panjang negara yang berada di bawah perangkap utang yang dipasang oleh China.

Pandemi virus korona tahun ini telah membuat banyak negara berjuang untuk membayar hutang mereka karena aktivitas ekonomi yang membosankan, yang akhirnya menciptakan lebih banyak ketergantungan pada China.

Sumber : Poskupang

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *