Inilah 4 Keutamaan Salat Ashar Berjamaah Yang Dijanjikan Allah Kepada Hambanya

4 Keutamaan Salat Ashar Berjamaah
Salat berjamaah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Tak jarang, saat kita disibukkan dengan pekerjaan, kita sering melalaikan salat ashar. Seandainya kita mau menyadari keutamaan salat ashar yang dijanjikan oleh Allah kepada hamba-Nya, meski dengan merangkak pun, kita akan berusaha sebisa mungkin untuk menggapainya.

Akan tetapi manusia sering lupa dengan berbagai macam alasannya. Dan beberapa alasan yang tak asing adalah karena banyak pekerjaan, sedang dalam perjalanan, dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwa, Rasulullah SAW pernah bersabda “Barangsiapa meninggalkan salat ashar, maka terhapuslah amalannya (HR Bukhari No.594). Dari hadits tersebut dapat kita simpulkan bahwa, siapapun yang meninggalkan salat ashar, maka akan terhapus semua amal baiknya Namun yang perlu digarisbawahi dari hadits tersebut adalah, meninggalkan salat ashar untuk selamanya, atau bisa diartikan keluar dari agama islam (murtad). Lalu apa keutamaan salat ashar yang dijanjikan Allah kepada hamba-Nya?

Sebagaimana dikutip hajinews dari mantrasukabumi.com dan dari kanal Youtube @Jamaah Nurul Qolbi pada Rabu, 2 Desember 2020, berikut 4 keutamaan salat ashar antara lain:

1. Amalan Yang Akan Mengantarkan Ke Surga

Salat ashar merupakan salah satu ibadah wajib yang bisa mengantarkan seseorang ke surga Sebagaimana disebutkan dalam beberapa riwayat hadits, diantaranya hadits dari Imam Bukhari dan Muslim yang menyatakan: “Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat Subuh dan Ashar) maka dia akan masuk surga” (HR Bukhari No.574 dan Muslim No.635).

Bahkan Rasulullah SAW pernah mengibaratkan kepada mereka yang meninggalkan salat ashar dengan sengaja, yakni seperti kehilangan harta, keluarga, dan semua amal shalihnya Jadi tak heran jika Rasulullah SAW memerintahkan seluruh umatnya untuk mengisi waktu ashar dengan memperbanyak doa dan dzikir.

2. Mendapatkan Pahala Dua Kali Lipat

salat ashar merupakan salat kedua yang bisa dikatakan sulit untuk dikerjakan Allah sengaja memberikan keistimewaan tersendiri bagi yang mengerjakan salat ashar tepat waktu ataupun yang berjamaah, yakni pahala dua kali lipat dan dijauhkan dari neraka Dari Abu Bashrah al-Ghifari pernah menceritakan bahwa, Rasulullah SAW pernah salat ashar bersama kami di daerah Makhmash.

Kemudian Beliau bersabda: “Sesungguhnya salat ini (salat ashar) pernah diwajibkan kepada umat sebelum kalian, namun mereka menyia-nyiakannya. Sehingga barangsiapa yang menjaga salat ini, maka baginya pahala dua kali lipat” (HR. Muslim No.830).

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda ; “Tidak akan masuk neraka seorang pun yang mengerjakan salat sebelum matahari terbit (yakni salat subuh) dan sebelum matahari terbenam (yakni salat ashar)” (HR. Muslim No.634) Oleh sebab itu, bagi saudaraku yang sampai sekarang mungkin masih pernah tertinggal salat ashar tanpa uzur yang dibenarkan. Mulailah membenahi diri untuk menyempatkan mengerjakan salat ashar tepat waktu. Apabila belum mampu berjamaah, setidaknya mengerjakan dirumah. Apabila belum mampu tepat waktu. setidaknya tidak meninggalkan salat ashar.

3. Menjadi Pembeda Dari Orang Munafik

Mungkin saudaraku semua sudah mengetahui ciri ciri dari orang munafik. Yakni apabila berkata, ia berdusta. Apabila berjanji, ia mengingkari. Dan apabila dipercaya, ia berkhianat Lalu apa hubungannya dengan salat ashar? Orang orang munafik kebanyakan mengingkari dengan janji Allah akan keutamaan dan keistimewaan salat ashar Sekalipun dikerjakan, maka orang munafik akan mengerjakan salatnya secara capat layaknya ayam saat mematuk makanan Sehingga siapapun yang mengerjakan salat ashar berjamaah atau tepat waktu, atau masih dalam rentang waktu salat ashar.

Maka insyaallah, Allah SWT akan membedakan dan menjauhkan kita dari sifat orang orang munafik Rasulullah SAW pernah bersabda : “Itulah salatnya orang munafik, yaitu duduk mengamati matahari. Sehingga ketika matahari berada di antara dua tanduk setan atau ketika hampir tenggelam. Maka dia pun berdiri untuk mengerjakan salat ashar empat raka’at secara cepat seperti patukan ayam. Dan dia juga tidak berdzikir untuk mengingat Allah, kecuali hanya sedikit saja”(HR. Muslim no. 622).

salat ashar yang tidak pada waktunya dan secara cepat dikerjakan hanya sekedar untuk memenuhi persyaratan saja, maka bisa dikatakan sebagai salatnya orang munafik Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari untuk tergesa gesa saat mengerjakan salat ashar Cobalah luangkan waktu yang hanya 5-10 menit untuk mengerjakannya. Lalu silahkan kembali untuk melanjutkan aktivitas dari saudaraku semuanya Supaya kita tidak tergolong dalam orang orang yang munafik ketika mengerjakan salat , terutama salat ashar.

4. Disaksikan Oleh Malaikat

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa, para Malaikat malam dan siang silih berganti mendatangi seorang hamba. Dimana Malaikat tersebut akan berkumpul di waktu subuh dan ashar Kemudian para Malaikat yang menjaga kita akan naik ke langit membawa catatan amal kita, sampai Allah SWT bertanya kepada para Malaikat tersebut.

“Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?” Para Malaikat menjawab: “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan salat . Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan salat ” (HR.Bukhari No.555 dan Muslim No.632).

Beruntunglah bagi kita saat, catatan kita dibawa menghadap Allah dalam keadaan kita sedang mengerjakan salat ashar maupun salat subuh berjamaah. Atau kalau tidak, salat secara tepat waktu Saya hanya bisa mengajak kepada saudaraku semuanya untuk tetap memelihara salat 5 waktu kita. Terutama adalah salat ashar dan salat subuh sampai akhir hayat Semoga Allah SWT selalu menjaga kita dari segala macam kemaksiatan dan dari segala hal yang menyesatkan kita selama hidup di dunia.

Sumber : mantrasukabumi

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *