Momen Lehman Brothers China

Momen Lehman Brothers China
lehman brothers
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh William Pesek

William Pesek adalah jurnalis pemenang penghargaan yang berbasis di Tokyo dan penulis “Japanization: What the World Can Learn from Japan’s Lost Decades.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews – Bukan anti-China untuk percaya bahwa hukum gravitasi berlaku untuk bangsa Presiden Xi.

Investor yang bertaruh pada jatuhnya utang China selama 10 tahun terakhir ini tidak menunjukkan keraguan mereka tentang ekonomi No. 2 dunia itu. Gejolak baru-baru ini di pasar kredit membuat Anda bertanya-tanya apakah beruang mungkin akan segera mengalami hari mereka.

Gagal bayar oleh perusahaan milik negara karena tahun 2020 terhuyung-huyung menjadi berita utama pada saat terburuk. Mereka datang ketika Presiden AS Donald Trump yang lumpuh mengancam sanksi baru dalam perjalanan keluar, dan ketika HSBC Holdings mengonfirmasi apa yang telah lama diketahui para banteng: momen China Inc. telah tiba.

Interaksi antara bagian-bagian yang bergerak ini sangat menggoda. Sejak 2017, Trump melemparkan setiap hambatan yang dapat dia pikirkan pada ekonomi Xi Jinping yang sedang berkembang pesat. Laporan HSBC baru menunjukkan sejauh mana kegagalannya.

Survei terhadap 10.400 perusahaan di 39 negara ini menemukan bahwa China sekarang adalah pasar luar negeri No. 1 untuk perusahaan Asia-Pasifik. China adalah mitra dagang teratas untuk 29% dari mereka, versus 28% Amerika, dan wow akankah sengatan itu ketika era Trump berakhir. Perusahaan multinasional tidak memisahkan diri dari China; mereka menemukan cara untuk menyebarkan produksi di sekitar orbitnya. Pandemi, ternyata, mempercepat perubahan yang terjadi sebelum Trump.

Namun gejolak pada tahun 2020, beberapa di antaranya memiliki sidik jari Trump, juga memunculkan retakan di yayasan China yang mendahului masa jabatannya yang kaya akan acara. Serentetan default akhir tahun sebagian disebabkan oleh perang perdagangan Trump dan pembatasan agresif pada perusahaan milik negara. Apa yang Trump, dan COVID-19, benar-benar lakukan adalah mengekspos Partai Komunis dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya selama lebih dari satu dekade.

Ini membawa kita kembali ke beruang Cina, yang sudah berumur satu dekade. Pada tahun 2010, misalnya, penjual pendek Jim Chanos dari Kynikos Associates dengan terkenal mengklaim bahwa Beijing berada di “treadmill ke neraka”. Sejak itu, penentang seperti Kyle Bass dari Hayman Capital bertaruh tanpa hasil terhadap yuan. Bass keluar dari perang salib empat tahunnya di paruh pertama tahun 2019.

Pencarian di sini adalah untuk “momen LehmanChina. Bukan anti-China untuk percaya bahwa hukum gravitasi berlaku untuk bangsa Presiden Xi. Sebelum perhitungan Jepang tahun 1990, hanya sedikit yang mengira ekonomi terbesar di Asia saat itu bisa meledak. Penolakan serupa mendahului kehancuran Meksiko pada tahun 1994, Asia Tenggara pada tahun 1997, Rusia pada tahun 1998, Amerika pada tahun 2008, Eropa pada tahun 2010, pasar negara berkembang mengalami kebuntuan pada tahun 2013 atau pandemi hari ini yang membawa kembali tahun 1930-an.

Setiap negara industri, tanpa gagal, akhirnya tersandung di tengah kelebihan kredit dan hutang. Bisakah Cina mengalahkan rintangan? Apa pun mungkin. Tetapi kepercayaan pada tim Xi, meskipun cerdas, sangat bergantung pada mitos kekebalan Tiongkok yang berasal dari periode Lehman. China, yang saat itu berada di tangan Presiden Hu Jintao, mengarahkan dengan ahli di sekitar penghitungan subprima. Namun, apakah Beijing telah menabur benih sistem keuangan subprima yang belum siap untuk prime-time global?

Sebagian besar investor global belum pernah mendengar tentang Yongcheng Coal and Electricity Holding Group sampai mereka melewatkan pembayaran obligasi bulan lalu. Sejak itu, miliaran dolar obligasi yang beredar benar-benar menjadi burung kenari di tambang batu bara China. Gagal bayar oleh pembuat chip Tsinghua Unigroup dan Huachen Automotive Group menambah bahan bakar ke aksi jual pasar utang yang sudah mengamuk. Itu meningkatkan pengawasan kesehatan China Evergrande Group, pengembang paling berhutang di dunia yang berutang lebih dari $ 120 miliar kepada kreditor. Dan seterusnya.

Kegembiraan dapat berlanjut jika Trump menambahkan raksasa pembuat chip Semiconductor Manufacturing International Corp., lebih dikenal sebagai SMIC, ke daftar hitam China-nya. Atau, dalam hal ini, China National Offshore Oil Corp., atau CNOOC, dan raksasa daratan lainnya pasti akan berbagi kesulitan mereka secara luas. Di sini, kebijakan Trump lebih merupakan percepatan daripada penyebab yang mendasarinya. Kisah makro China adalah kisah menghipnotis yang akan membuat Presiden terpilih AS Joe Biden tetap waspada. Rencana Xi’s Made in China 2025, dan langkah untuk menciptakan Silicon Valley East di pesisir tenggara adalah pengubah permainan. Raksasa Sabuk dan Jalannya menjadi berita utama di seluruh dunia.

Namun default baru-baru ini mengingatkan kita bahwa perkembangan mikroekonomi China tertinggal dari rancangan besar ini. Sejak 2008, pihak Xi lebih mengandalkan utang dan kredit daripada peningkatan struktural. Dan menutup celah dengan uang publik.

Pada tahun 2012, Xi meraih kendali dengan berjanji untuk meningkatkan transparansi dan membiarkan kekuatan pasar memainkan peran “menentukan” dalam pembuatan kebijakan. Itu diuji pada 2015, ketika saham Shanghai runtuh dan Kaisa Group Holdings menjadi pengembang properti China pertama yang gagal bayar obligasi dolar. Namun, pemerintahnya tidak menyukai dampak buruk itu, dan kembali menggunakan treadmill yang merangsang dengan segala cara. Ini membuat tindakan penyeimbangan deleveraging yang sekarang dihadapi Xi lebih sulit dari yang seharusnya.

Tindakan keras yang mendapatkan perhatian paling besar melibatkan perusahaan teknologi yang melarikan diri dari regulator. Contoh kasus: Penawaran umum perdana Grup Ant Jack Ma sekarang disimpan, yang akan menjadi yang terbesar dalam sejarah. Tapi tindakan keras yang sangat penting ada pada perusahaan negara yang dimanfaatkan dan membelokkan ekonomi yang bergerak ke tengah panggung.

Tirai panggilan yang disoroti oleh HSBC meninggalkan sedikit keraguan ke mana arah kelambanan ekonomi. Namun apakah China Inc. siap untuk memimpin – dan menghindari momen Lehman – adalah pertanyaan terbuka. Jika tim Xi tidak mempercepat upaya untuk memperbaiki ekonomi mikro, beruang China mungkin menyukai jawabannya

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *