Pesan Gus Baha Jangan Bilang Bisa Mencukupi

Gus Baha: Bagaimana Mungkin Maulid dan Tahlil Disebut Sebagai Bid'ah?
KH Ahmad Bahauddin Noersalim. Foto: Dok Net
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Ulama muda kondang Nahdlatul Ulama (NU) KH Ahmad Bahauddin Noersalim atau dikenal dengan panggilan Gus Baha dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa manusia jangan sekali-sekali berkata sudah mampu mencukupi. Sebab hanya Allah yang bisa mencukupi semua kebutuhan manusia.

“Saya masih ingat zaman ayah masih hidup, ayah itu kalau ngirim saya uang, ‘Ini Ha, saya beri uang’ pokoknya buat jajan, tidak cukup ya sudah, yang tidak cukup itu uangku, kalau rahmatnya Allah tetap cukup. Saya masih ingat terus ucapan ayah,” kata Gus Baha.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Gus Baha mencontohkan, memiliki anak di pondok atau kuliah. Karena kalau orang Mukmin tidak bilang ‘anakku sudah aku cukupi’.

Terkadang kamu kirim Rp 1 juta langsung habis, sekarang kalau habis dua hari, kan ada 28 hari yang tidak pakai uang kamu, mana mungkin bahasa kamu cukupi itu benar, makanya jadi orang jangan sombong.

Sebagaimana dikutip dari vidio yang diunggah di kanal YouTube SabdaUlamaNU, pada Jumat (4/12/2020).

Setelah itu amburadul ya biar sana, sesuai habitatnya, sudah nanti taubat lagi, nangis lagi, amburadul lagi, nangis lagi, amburadul lagi, namanya manusia, biarin saja yang penting kita suda punya niat taubat.

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ (23 (

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi” (QS Al-A’raf, 23).

Ngaku dzolim, saya itu dzolim tuhan, jadi jangan mengaku tidak dzolim malah sombong. Karena nanti yang disiksa cuman orang munafik, munafikot dan musrikina wal musrikat.

Artiya orang yang menyia-nyiakan semau amanat, tapi Allah memberikan taubat kepada orang-orang mukmin. Orang mukmin punya salah, tetap diampuni, bagaimanapun ada jujurnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *