Hikmah Siang : 3 Golongan Manusia yang Doanya Tak Akan Allah Tolak

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hikmah siang ini, Allah memerintahkan hamba-Nya agar selalu berdoa, niscaya Allah akan mengabulkan doa orang tersebut.

Hajinews.id – Allah SWT maha pemberi, maka memintalah kepada-Nya apa yang dikehendaki, niscaya Allah akan mengabulkannya. Namun, doa seseorang yang dipanjatkan pada Rabnya ada yang lansung Allah kabulkan dengan segera, ada pula yang ditangguhkan, dan ada pula doa yang Allah tidak terima dan tidak kunjung dikabulkan selama ia hidup di dunia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada sebuah hadist menyebutkan bahwa ternyata ada tiga golongan manusia yang doanya tidak pernah ditolak Allah.

Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya: “Ada tiga orang yang tidak ditolak do’a mereka: (1) Orang yang berpuasa sampai dia berbuka; (2) Seorang penguasa yang adil; (3) Dan do’a orang yang dizalimi (teraniaya). Do’a mereka diangkat oleh Allah ke atas awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Allah bertitah, “Demi keperkasaanKu, Aku akan memenangkanmu (menolongmu) meskipun tidak segera.” (HR. Tirmidzi)

Ketiga golongan tersebut yang Rasulallah SAW sebutkan yaitu sebgai berikut:

1. Penguasa atau Pemimpin yang Adil

Penguasa yang adil itu ibaratnya bayang-bayang Tuhan, karena Adil merupakan salah satu sifat Allah yakni Al Adlu atau yang Maha Adil. Diceritakan dalam kisah riwayat Mahsyur, bahwa suatu ketika saat Umar bin Khattab menjadi pemimpin, Beliau begitu terkenal sebagai pemimpin yang adil. Saat itu, Gubernur Mesir Amr bin Ash mengadu kepada sang khalifah tentang peceklik panjang yang menimpa warga Mesir. Sungai Nil yang menjadi sumber kehidupan di negeri tersebut tidak lagi mengalirkan air. Amirul Mukminin kemudian memanggil Amr bin Ash untuk datang ke Madinah. Ia kemudian memberikan surat kepada Amr bin Ash untuk dilemparkan ke sungai Nil.

Surat tersebut berisi doa sang khalifah yang isinya “Wahai sungai, engkau adalah makhluk Allah yang diciptakan oleh-Nya untuk menolong hamba-Nya yang lain, jika engkau adalah makhluk ciptaan Allah bantulah hamba-hamba Allah dan mengalirlah engkau!”

Doa Umar bin Khattab begitu mustajab, karenanya hingga kini sungai Nil tidak pernah lagi mengalami kekeringan.

2. Orang yang Berpuasa hingga Berbuka

Orang yang berpuasa akan Allah mudahkan dan kabulkan segala doa dan harapan mereka. Sebab, alasan kenapa orang ini doanya begitu mustajab, salah satunya karena mereka tengah menjalankan perintah Allah SWT yaitu berpuasa.

3. Orang yang Teraniaya

Orang yang teraniaya atau terdzolimi doa-nya makbull sekali. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati jika menghadapi orang yang teraniaya atau kesusahan.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *