Makan Tetap Nikmat Bagi Penderita Diabetes

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Ketika kadar gula darah seseorang di dalam tubuhnya sudah melewati ambang batas, akan sulit untuk diuraikan. Maka sering disebut penyakit diabetes yang merupakan penyakit kronis.

Metabolisme tubuh terganggu karena pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin secara cukup atau tidak mampu menggunakan insulin yang telah diproduksi secara efektif.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perlu kita tahu, kadar gula darah normal secara umum (tanpa persiapan puasa) atau random blood glucose adalah di bawah 200 mg/dL, sedangkan kadar gula darah puasa normal adalah <126 mg/dL. Jadi, bila dalam pemeriksaan gula darah puasa diketahui mencapai hasil lebih dari 200 mg/dL, maka dicurigai mengalami diabetes. Ada juga pemeriksaan dengan menggunakan tes toleransi glukosa oral, yaitu dengan cara minum segelas air yang mengandung 75 g gula. Dua jam setelah itu dicek kembali, bila hasilnya tetap lebih dari 200 mg/dL dikatakan diabetes.

Penderita diabetes harus menjaga asupan makanan dengan ketat, salah diet akan menyebabkan naiknya kadar gula darah. penderita diabetes perlu membatasi konsumsi karbohidrat.

Karena itu konsumsi nasi putih harus dihindari, namun jangan khawatir, karena masih bisa digantikan oleh nasi merah. Serat dalam beras merah sangat penting, karena serat tidak dicerna oleh tubuh, sehingga tidak memengaruhi kadar gula darah. Tentu ini akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan dapat mencegah lonjakan glukosa.

Jadi, bagi penderita diabetes masih bisa makan dengan bahagia tanpa takut gula darah meningkat asal bisa memilah makanan apa saja yang aman dan layak konsumsi bagi penderita diabetes.

– nenden – dbs

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar