Bedanya Flu atau Covid? Ini Penjelasan Ahli

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Masyarakat masih bingung membedakan antara covid-19 dengan flu biasa. Adapun hal itu dikarenakan gejala yang biasa dirasakan memiliki kesamaan.

Jika kita terkena sakit flu gejala yang dirasakan antata lain, demam disertai menggigil, ngilu atau nyeri otot, menggigil, lemas, bersin, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan nyeri kepala.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang sekaligus Dokter Spesialis Paru, dr Adi Rosadi memberikan penjelasan bagaimana cara masyarakat membedakannya.

Flu merupankan penyakit infeksi saluran napas yang disebabkan oleh virus. Selain itu, ada juga infeksi saluran napas lain yang disebabkan virus bernama common cold atau kita mengenalnya salesma, tetapi gejalanya lebih ringan dari flu.

Apa bedanya flu dan Covid-19

Sayangnya beberapa gejala flu dan salesma sering kali ditemukan juga pada Covid-19. Sehingga akan sulit sekali membedakannya. Terutama di masa pandemi seperti ini.

Untuk itu dr Adi Rosadi mengatakan, cara agar mengetahui bedanya, kita sakit flu atau Covid-19 hanya dengan melakukan tes laboratorium.

Untuk menegakkan diagnosis Covid-19 ada dua cara yaitu rapid test Covid-19 yang mendeteksi antibodi dalam darah. Sedangkan yang lebih akurat adalah swab PCR SARS-CoV-2 yang mendeteksi antigen.

Hal ini dibuktikan hasil pemeriksaan rapid beberapa tidak memberikan hasil yang akurat, terkadang reaktif tapi setelah swab suspek malah negatif. Ada juga kebalikannya, rapid tesnya negatif, tapi ketika swab hasilnya positif, ditambah karena banyak juga pasien positif yang tidak menunjukan adanya gejala (OTG).

Ketika ditanya apakah ada bisa flu dan Covid terjadi bersamaan. Dr Adi Rosadi menyatakan bahwa hal itu mungkin saja terjadi.

“Sehubungan dengan gejala flu dan Covid-19 yang mirip maka di masa pandemi kita harus waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter untuk membedakan apakah kita terkena flu atau salesma biasa atau bahkan Covid-19,” jelas dr. Adi dilansir Bangkapos, Minggu (27/9/2020).

Dengan demikian, tak ada cara lain untuk mengetahui perbedaan sakit flu dan Covid selain dengan menjalani salah satu atau kedua tes. Terutama jika gejala anda terkena Covid masih ringan tentu harus waspada, sebab dikhawatirkan akan menginfeksi keluarga di rumah tanpa disadari. *Ingeu-dsb

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *