Berbahaya! Jangan Cuci Daging Ayam Mentah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.is – Mencuci ayam mentah setelah membelinya merupakan ritual yang biasa dilakukan kebanyakan orang. Namun tahukah Anda bahwa mencuci ayam berbahaya bagi kesehatan Anda?

Para ahli kesehatan lagi-lagi memperingatkan konsumen mencuci daging ayam mentah bisa membuat peralatan atau makanan lain terkontaminasi bekteri berbahaya. Hal ini diingatkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada 26 April 2019 kemarin melalui cuitan di akun Twitter-nya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Melansir laman resmi CDC, daging ayam memang mengandung nutrisi. Tetapi ayam mentah terkadang terkontaminasi dengan bakteri Campylobacter, Salmonella dan Clostridium perfringens. Campylobacter jejuni adalah bakteri berbentuk spiral yang berkembang di ayam dan sapi.

Pada manusia, bakteri Campylobacter menyebabkan diare, perut keram, nyeri perut, dan demam. Feses diare seringkali berdarah. Kebanyakan kasus infeksi memang ringan, tetapi bakteri ini bisa berakibat fatal pada anak-anak, lansia, dan orang yang menderita gangguan imun.

Berikut cara mencegah terjadinya keracunan makanan yang disebabkan oleh daging ayam mentah, seperti yang disarankan oleh CDC.

  1. Tempatkan ayam di tas sekali pakai sebelum dimasukkan ke keranjang belanja atau kulkas, untuk mencegah air mentah masuk ke makanan lain.
  2. Cuci tangan dengan air sabun hangat selama 20 detik sebelum dan sesudah memegang daging ayam mentah.
  3. Jangan mencuci ayam mentah. Selama mencuci, ‘getah’ ayam dapat menyebar di dapur dan mencemari makanan, peralatan, dan meja lainnya.
  4. Gunakan talenan terpisah untuk ayam mentah.
  5. Jangan letakkan makanan yang dimasak atau produk segar di atas piring, talenan, atau permukaan lain yang sebelumnya berisi ayam mentah.
  6. Cuci talenan, peralatan, piring, dan meja dengan air sabun panas setelah menyiapkan ayam dan sebelum menyiapkan bahan lainnya.
  7. Pastikan ayam dimasak dengan suhu internal yang aman dari 73 derajat celcius.
  8. Jika memasak ayam mentah beku dalam hidangan microwave, tangani seperti ayam mentah segar.
  9. Dinginkan atau bekukan ayam sisa dalam waktu 2 jam.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *