5 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Stroke

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id– Stroke merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan penderitanya mengakami kelumpuhan, kesulitan berbicara penglihatan mata terganggu, kesulitan berjalan hingga kehilangan keseimbangan. Jika penyakit stroke tidak segera diobati atau mendapatkan perawatan yang tepat, bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan otak permanen yang bisa menyebabkan disabilitas, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pencegahan dini agar tidak terkena penyakit stroke. Salah satu caranya dengan menghindari kebiasaan sehari-hari yang bisa menjadi penyebab penyakit stroke .

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dilansir hajinews.id dari Healthline pada 4 Januari 2021, berikut kebiasaan sehari-hari yang bisa menjadi penyebab Anda terkena penyakit stroke .

1. Mengonsumsi Makanan yang Tidak Sehat
Makanan tidak sehat yang menjadi penyebab stroke yaitu jenis makanan yang mengandung garam, lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol yang cukup tinggi.Sehingga, jika Anda tak ingin terkena penyakit stroke , segera hindari kebiasaan sehari-hari dalam mengonsumsi makanan yang tidak sehat tersebut.

2. Kurang Bergerak
Tubuh yang kurang bergerak juga merupakan kebiasaan sehari-hari yang bisa menjadi penyebab penyakit stroke . Selain itu, kebiasaan ini juga bisa meningkatkan risiko terkena obesitas, kolesterol dan diabetes, yang menjadi pemicu stroke . Jika Anda tak ingin terkena stroke , sebaiknya melakukan olahraga 3-5 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit.

3. Merokok
zat nikotin yang berada pada rokok akan menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengeras sehingga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan denyut jantung menjadi cepat. Pembuluh darah yang menyempit merupakan faktor terjadinya serangan penyakit stroke.Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat mengurangi asupan oksigen dalam darah dan menyebabkan tersumbatnya arteri, sehingga bisa menimbulkan pembuluh darah pecah yang merupakan penyebab stroke .

4. Sering Minum Alkohol
Kebiasaan minum alkohol juga dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam bentuk lemak dalam darah yang dapat mengeraskan arteri dan memicu timbulnya penyakit stroke .

5. Stres Berkepanjangan
Stres dapat memicu peningkatan produksi sel darah putih dalam tubuh sehingga menyebabkan arteri menyempit dan terjadinya peradangan yang mengarah pada penyakit jantung dan stroke . Sehingga, jika Anda tak ingin terkena stroke , disarankan untuk segera menghindari segala kebiasaan sehari-hari yang bisa menjadi penyebab stroke. (Sitha/dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar