Akhirnya, Mensos Risma Kunjungi Korban Longsor Sumedang

Mensos Risma kunjungi korban longsor Sumedang (foto ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi korban longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Minggu (10/1) malam. Ketika melihat lokasi yang kondisinya terus diguyur hujan, Mensos meminta agar warga segera direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Permintaan Risma ini disampaikan kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, karena khawatir akan terjadi longsor susulan terjadi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Cuaca sekarang masih hujan, kalau tidak direlokasi sekarang takutnya kembali longsor. Warga yang ada di sekitar lokasi harus malam ini juga direlokasi,” kata Risma, sebagaimana dilansir antvklikcom, Senin (11/1/2021).

Selain itu, Risma meminta agar Pemkab Sumedang menyiapkan tempat relokasi bagi warga sebagai solusi jangka panjang.

“Saya lihat lokasinya ini sangat rawan. Saya kira ini harus direlokasi ke tempat lebih aman,” tutur Risma.

Saat ini lokasi terus diguyur hujan lebat, sehingga membuat tenda riskan sebagai alternatif pengungsian. Karena itu, pihak pemda setempat akan memanfaatkan tiga bangunan Sekolah Dasar (SD) yang berada di sekitar lokasi bencana untuk warga.
Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta warga direlokasi malam tadi juga.

Sementara untuk jangka panjang, Pemkab Sumedang juga menyiapkan lokasi di tanah kas desa di wilayah Desa Cihanjuang yang aman dari bencana.

Risma memerintahkan jajaran Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan gerak cepat di lokasi.Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Dinasos P3A, Kemensos RI sudah mendirikan dapur umum di SD Cipateuag untuk menyuplai makan siang sebanyak 500 bungkus.
Sebelumnya di media sosial sempat salah seorang nitizen mengutarakan keinginannya supaya Mensos mendatangi Sumedang yang sedang tertimpa musibah longsor, dan tidak berfokus pada DKI Jakarta saja, sebab Mensos milik masyarakat Indonesia.

“Cuma nanya,,setuju gak bu MENSOS syantik datang ke Sumedang blusukan bantu korban longsor?,mensos kan untuk Indonesia bukan untuk DKI,yang setuju RT/like.” ujar akun @KangDuyTea.

 


Cuitan warganet tersebut saat ini mendapat like sebanyak 1,9k dan di-retweets 653 kali. (ingeu/dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *