Keistimewaan Salat Subuh : Waktu Berkumpulnya Malaikat Siang dan Malam

Keistimewaan Salat Subuh : Waktu Berkumpulnya Malaikat Siang dan Malam
ilustrasi salat subuh
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Banyak orang kesiangan dalam melaksanakan salat subuh. Ini bukan permasalahan tidurnya yang terlalu lelap, akan tetapi kurangnya niat yang besar pada dirinya untuk melaksanakan kewajiban tersebut.

Mungkin sebagian orang tidak tahu apa keistimewaan ketika kita melaksanakan salat subuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui keistimewaan saat melaksanakan salat subuh.

1. Para malaikat berkumpul

Hal ini dijelaskan dari sabda Rasulullah SAW, penjelasannya sebagai berikut : “ Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada salat fajar (subuh). “(HR.Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

2. Seperti salat semalaman penuh

Allah menjanjikan kepada hamba – hambanya bahwa bagi mereka – mereka yang menjalankan ibadah salat subuh, maka ibadah mereka tersebut akan dihitung setara dengan ibadah salat semalaman penuh. Hal ini dijelaskan dari sabda Rasulullah SAW, penjelasannya sebagai berikut :

“Barangsiapa yang salat isya berjama’ah maka seolah – olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang salat subuh berjamaah maka seolah – olah dia telat salat seluruh malamnya. “(HR. Muslim no.656).

3. Berada dalam jaminan Allah.

Bagi anda masih ingin melalaikan salat subuh, jika Allah saja memberikan kelebihan jaminan dari-Nya bagi hamba-Nya yang melaksanakan salat subuh ? Hal ini dijelaskan dari sabda Rasulullah SAW, penjelasannya sebagai berikut :

“Barangsiapa yang salat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

4. Terhindar dari ancaman api neraka

Manfaatkanlah kesempatan – kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT, tanpa terkecuali kesempatan untuk melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yakni salat subuh.

Dengan melaksanakan salat subuh kita akan terhindar dari ancaman neraka yang mungkin berada di depan mata.

Hal ini dijelaskan dari sabda Rasulullah SAW, penjelasannya sebagai berikut : “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan salat sebelum terbitnya matahari (yaitu salat subuh) dan salat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu salat ashar).” (HR. Muslim no. 634).

5. Membawa anda masuk surganya Allah

Nah, begitu mudahna Allah memberikan nikmat kepada hamba – hambanya yang beriman dan bertaqwa dengan balasan surga, seperti halnya melaksanakan salat subuh. Hal ini dijelaskan dari sabda Rasulullah SAW, penjelasannya sebagai berikut :

“Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 547 dan Muslim no. 635).

Sumber : tribun

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *