Hikmah Siang : Keajaiban Kurma

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kurma menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat, baik untuk dijadikan olahan makanan atau obat. Bahkan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam sangat menyukai buah yang tumbuh di tanah tandus ini. Selain itu, kurma juga memiliki keistimewaan lainnya.

Seperti dikutip dari ‘Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah’ karya Dr Nadiah Thayyarah, kurma memiliki segudang keistimewaan. Misalnya, tumbuh dalam lima fase.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا.لِى وَٱشْرَبِى وَقَرِّى عَيْنًا ۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ ٱلْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِىٓ إِنِّى نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ ٱلْيَوْمَ إِنسِيًّا

Wa huzzi ilaiki bijiz’in-nakhlati tusaqit ‘alaiki rutaban janiyya. Fa kuli wasyrabi wa qarri ‘aina, fa imma tarayinna minal-basyari ahadan fa quli inni nazartu lir-rahmani sauman fa lan ukallimal-yauma insiyya

Artinya: “Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum, dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: ‘Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.” (QS Maryam: 25–26)

Lima fase tersebut yaitu pertumbuhan dan baru matang pada bulan keenam dari pertumbuhannya. Berikut 5 keajaiban kurma dalam 5 fase yang dilansir dari okezone

1.Fase pertama disebut hababuk atau sadda,

yaitu fase di mana terbentuknya butiran-butiran mayang berisi serbuk bunga yang bulat dan rasanya pahit.

2. fase kedua

adalah tumbuhnya bakal biji mentah yang mulai tumbuh memanjang, berwarna hijau, dan rasanya pahit menyengat.

3.Fase ketiga,

kurma mentah tadi mulai berubah warna menjadi kuning kemerahan dan rasanya mulai berubah manis tapi masih bercampur pahit.

4. Fase keempat, kurma mulai matang dan salah satu sisinya mulai berisi daging buah, berwarna seperti madu, bertekstur lembut, dan rasanya manis seperti gula.

5. Fase terakhir atau kelima,

kurma matang sepenuhnya, warnanya semakin mencolok, dan kulitnya mengelupas.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menegaskan pula pentingnya buah kurma ketika berbincang dengan Aisyah: “Wahai Aisyah, jika rumah tak memiliki kurma (sebagai makanan), maka penghuninya akan kelaparan.” (HR Muslim)

Buah kurma dianggap sebagai bahan makanan yang lengkap karena mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan garam mineral yang merupakan unsur-unsur penentu kualitas buah-buahan.

 

 

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *