Suku Baduy Nol Kasus Corona, Apa Rahasianya?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Jakarta, hajinews.id- Tenaga kesehatan Pemerintah Kabupaten Lebak, menyatakan belum ada satu pun masyarakat adat Baduy dinyatakan positif virus corona (Covid-19). Disebutkan bahwa masyarakat Baduy di pedalaman Lebak, Banten, terbebas dari Covid-19 karena disiplin tidak ke luar daerah.
“Kami mengapresiasi warga Baduy dapat mengendalikan Covid-19 itu,” kata Petugas Medis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cisimeut Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Iton Rustandi dilansir CNNindonesia pada Rabu (20/1).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Iton, masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus corona. Bahkan, tetua adat setempat mengimbau masyarakat Baduy tidak boleh ke luar daerah seperti Jakarta, Tangerang dan Bogor yang menjadi daerah penyebaran Covid-19.

“Kami juga mengoptimalkan edukasi tentang bahaya Covid-19 agar warga Baduy mengetahui penyebaran penyakit yang mematikan itu,” katanya menjelaskan.

Dalam rangka pengendalian Pandemi COVID-19, pemerintah melalui Puskemas Kabupaten Lebak, membagikan ribuan masker ke permukiman masyarakat Baduy, melakukan penyemprotan disinfektan, dan mendirikan wastafel di sepanjang pintu gerbang memasuki kawasan permukiman Baduy agar pengunjung mencuci tangan sebelum masuk kawasan permukiman. (sitha/dbs)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar