Beromzet Rp30 Juta Per Bulan, Ini Cara Budidaya Sarang Burung Walet di Rumah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil sekaligus eksportir utama sarang burung walet di dunia. Bahkan, volume ekspornya terus melonjak meski dalam situasi pandemi Covid-19.

Sarang burung walet sendiri dikenal sebagai makanan eksotis yang dijual dengan harga fantastis. Ia juga dikenal dengan ragam manfaatnya yang bagus untuk kesehatan.Mulai dari melancarkan metabolisme tubuh, menjaga sistem pencernaan, hingga mempercepat regenerasi sel kulit.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sesuai namanya, sarang burung walet dihasilkan oleh burung walet yang membuat sarang dari air liurnya yang mengeras. Liur ini diketahui terbuat dari protein, serta mengandung kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium.

Tak heran, kalau sarang burung walet diburu banyak orang. Untuk itu, harga yang ditawarkan pun bisa mencapai puluhan juta per kilo gram.

Salah satunya adalah Yanto Turede, pengusaha sarang walet di Kabupaten Bone Bolango yang beromzet Rp30 Juta per bulan.Dilansir dari Hulondalo, Ia bahkan mengaku masih kewalahan memenuhi permintaan 200 kilogram sarang walet perbulannya.

Tertarik berbisnis sarang walet? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Siapkan Lahan dan Kandang

Hal pertama yang harus dilakukan dalam budidaya sarang burung walet adalah menyediakan lahan dan kandang.

2. Pastikan anda memiliki lokasi yang tepat 

yakni lingkungan yang sepi, terpencil, dan memiliki suhu 24-26 derajat celsius.

3. Atap rumah bisa anda jadikan kandang jika anda memutuskan untuk membudidayakannya di rumah atau, anda bisa membuat bangunan berbentuk kotak dengan lubang di setiap sisinya untuk tempat keluar masuk burung walet.

4. Lakukan Pembibitan Burung Walet

Anda bisa melanjutkan pembibitan agar jumlah burung bisa berkembang biak dengan cepat.

Hal yang harus anda lakukan adalah dengan mengundang burung walet datang ke tempatmu. Salah satu strateginya adalah dengan memasang rekaman suara burung walet di kandang. Dan mengecat bangunan dengan warna putih atau hitam.

5. Jika tidak ada indukkan, anda bisa memesan telur walet yang ditetaskan di kandang. 

Anda bisa membelinya di pasar burung yang menyediakan berbagai macam telur burung walet. Harganya telur burung ini biasanya dipatok sekitar Rp300 ribu per 30 butir.

6. Setelah pembibitan, lakukan perawatan terhadap anakan burung walet.

Caranya dengan menjaga anak-anak burung agar tidak keluar kandang selama kira-kira dua hingga tiga hari.BUntuk pakannya, anda bisa memberi makanan alami seperti rayap, kumbang, semut, hingga serangga bersayap. Pasalnya, anakan burung walet akan membutuhkan asupan protein dan karbohidrat yang tinggi. Kandungan tersebut sangat banyak terdapat di serangga di atas hingga biji-bijian. Jadi, jangan sampai lupa untuk memberikan mereka pakan secara rutin ya.

7. Perhatikan Kebiasaan Burung Walet

Saat burung walet telah dewasa, pastikan anda memperhatikan kebiasaan mereka dalam berkembang biak. Biasanya mereka akan berkembang biak pada usia empat tahun. Meski begitu, tidak semua burung walet bisa bertahan hidup lama.Sebab, beberapa di antaranya bisanya mati karena diserang oleh predator. Burung walet yang berpasangan biasanya akan membuat dan menempati sarang tersebut. Mereka akan bertemu di sarang yang sama setiap musim semi. Burung walet akan menghasilkan sekitar dua hingga tiga butir pada interval dua hingga tiga hari.

Pengeraman telur akan dimulai dari telur pertama dan seterusnya, selama 19-20 hari per telurnya. Mereka harus memiliki stok pakan yang banyak agar pasokan air liurnya berlimpah.Dengan begitu, mereka dapat membuat sarang yang tebal dan bagus.

8. Panen Sarang Burung Walet

Anda bisa memanen sarang burung walet pada saat walet betina sudah siap bertelur. Jika anda memanen pada saat itu, maka anda akan mendapatkan jenis sarang walet yang berkualitas bagus. Sementara jika anda memanen saat telur-telur burung sudah menetas dan bisa terbang, maka kualitas sarangnya akan kurang bagus.

9. menjual sarang burung walet.

Anda bisa menjual sarangnya ke berbagai tempat penjualan sarang burung walet. Anda juga bisa memasarkannya melalui media sosial, forum, atau market place.

Nah, itu dia cara untuk budidaya burung walet sederhana yang bisa kamu lakukan dari rumah. Selamat mencoba!

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *