Hikmah Malam : 5 Amalan Perempuan Muslim saat Haid

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ibadah adalah hal yang wajib dilakukan bagi setiap umat beragama. Namun, muslimah yang sedang haid atau menstruasi tidak diperbolehkan untuk menjalankan beberapa ibadah, seperti salat, berpuasa, menyentuh mushaf atau Al-Quran dan tawaf di Ka’bah.

Meski demikian masih ada beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh muslimah ketika sedang haid untuk tetap dapat mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh pahala yang melimpah. Hal ini sebagaimana disampaikan Ustazah Oki Setiana Dewi dalam akun resmi YouTube miliknya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut ini ibadah-ibadah yang bisa dilakukan selama masa haid sebagaimana dirangkum dari kumparan.

1. Membaca Al-Quran

Amalan pertama yang bisa dilakukan adalah membaca Al-Quran tanpa menyentuh lembarannya. Seorang muslimah bisa membaca dengan menggunakan perantara sebelum menyentuh mushaf atau dengan menggunakan aplikasi yang tersedia pada gawai. Cara lain, muslimah bisa mengikuti dari bacaan Al-Quran yang telah direkam sebelumnya dan diunggah di beberapa media sosial.

2. Berzikir

Ada banyak dzikir yang bisa dilakukan oleh seorang muslimah ketika sedang haid. Diantaranya adalah dengan mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil. Yang paling mudah dan bisa dilakukan adalah membiasakan diri membaca Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, dan Allahuakbar 33 kali yang selalu dibaca seusai shalat.

3. Mengamalkan Doa

Ketika haid bukan menjadi alasan untuk tidak mengamalkan doa-doa harian atau Al-Mathurat. Seperti Al-Quran tanpa menyentuh, muslimah dapat menhanturkan doa-doa harian atau Al-Mathurat. Al-Mathurat adalah himpunan wirid dan doa harian yang diamalkan oleh Rasulullah SAW.

4. Membaca Buku

Aktivitas ini juga terhitung sebagai amalan yang bernilai pahala bagi wanita haid. Bagi yang tidak terlalu suka membaca, disarankan untuk lebih aktif mendengarkan ceramah-ceramah di media sosial atau sarana sejenis.

“Membaca buku sangat penting. Seperti kita tahu, membaca buku adalah jendela dunia, kita bisa mengetahui banyak hal dengan membaca buku. Bahkan awal mula Al-Quran adalah perintah untuk membaca,” tambah Ustazah Oki.

5. Bersedekah

Bersedekah, infaq, dan zakat juga termasuk amalan yang bisa dilakukan oleh muslimah yang sedang masa haid. Kebaikan seperti ini sangat dianjurkan. Berbagi terhadap sesama yang sedang membutuhkan mendulang banyak pahala bagi yang melakukan.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *