Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Ungkap Pemulihan Ekonomi RI Butuh 5 Tahun

Mari Elka Pangestu - Direktur Pelaksana Bank Dunia
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Direktur Pelaksana , Mari Elka Pangestu mengungkapkan, pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan pada perekonomian di seluruh negara, salah satunya Indonesia. Menurutnya masih akan di bawah potensi hingga beberapa tahun ke depan. Maka itu, dibutuhkan waktu hingga lima tahun agar perekonomian Indonesia bisa kembali pulih dan normal atau tumbuh seperti sebelum adanya pandemi ini.

“Jadi apabila kita kontraksi 2%, kita butuh 1% di bawah potensi, 4%. Di mana dua hingga tiga tahun ke depan, mungkin kita perlu waktu tiga hingga lima tahun untuk kembalikan situasi seperti pre-Covid-19,” ujar dia dalam webinar Forum Diskusi Salemba 46, dilansir Sindonews, Sabtu (30/1/2021).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pihaknya, menilai situasi yang sama juga terjadi saat krisis ekonomi tahun 1998. Akan tetapi, dirinya melihat, saat itu Indonesia memerlukan waktu untuk kembali pulih sekitar delapan tahun. “Krismon 98 itu kontraksi yang sangat berat dan memerlukan beberapa tahun,” ungkap dia.

Dia juga menambahkan, sangat penting untuk melakukan perubahan dan transformasi agar ekonomi bisa bangkit. Dan, pandemi ini juga membuat pertumbuhan ekonomi di seluruh negara bisa di bawah potensinya selama bertahun-tahun.

“Maka itu yang harus kita sadari adalah, apa yang terjadi dengan pandemi ini, seperti adanya kontraksi. Lalu, kita akan mengalami pertumbuhan yang di bawah potensi. Dan ini akan diperkirakan berlangsung sepuluh tahun jika kita tidak melakukan perubahan-perubahan dari segi kebijakan maupun recovery investment,” tandas dia.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *