Manfaat Air Kelapa Tua yang Jarang Diketahui, Sehatkan Jantung, Cegah Hipertensi dan Batu Ginjal

Manfaat Air Kelapa Tua yang Jarang Diketahui
Air kelapa tua
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Selama ini orang lebih mengenal air kelapa muda. Minuman ini menjadi favorite atau pilihan utama untuk menghilangkan haus dan dahaga. Apalagi jika diminum saat hari terik dan panas. Selain diminum langsung, air kelapa muda sering digunakan sebagai campuran untuk membuat aneka jenis minuman segar. Sejatinya air tidak hanya terdapat dalam buah kelapa yang masih muda. Kelapa tua pun juga menyimpan kandungan air dalam buahnya. Sayangnya orang sering melupakan air kelapa tua. Bahkan air kelapa tua sering hanya dibuang begitu saja. Pasalnya kelapa tua biasanya hanya dimanfaatkan untuk diambil santannya.

Padahal sebenarnya air kelapa tua memiliki manfaat yang tak kalah dengan air kelapa muda. Selain rasanya yang enak dan segar, air kelapa tua juga kaya akan kandungan nutrisi dan mineral.

Tahukah Anda, apa saja manfaat air kelapa tua bagi kesehatan?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Banyak yang tidak mengetahui kandungan nutrisi dalam buah kelapa akan bertambah banyak seiring dengan pertambahan umurnya. Itulah sebabnya semakin tua buah kelapa semakin banyak pula kandungan nutrisi yang terkandung dalam daging dan airnya. Hal ini terbukti buah kelapa tua akan semakin berat dan akhirnya jatuh sendiri dari pohonnya.

Buah kelapa tua biasanya ditandai dengan dagingnya yang lebih tebal, teksturnya lebih kasar dan rasanya pun lebih gurih. Sebuah penelitian yang penah dilakukan membuktikan kelapa tua memiliki kandungan kalori, protein, lemak, dan serat yang lebih banyak dibanding kelapa muda. Hal ini tidak hanya berlaku pada dagingnya tetapi juga airnya.

Itulah sebabnya air kelapa tua mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Air kelapa tua atau Cocos nucifera diketahui mengandung kalium yang cukup tinggi tapi rendah kandungan natrium. Mengonsumsi air kelapa tua diyakini dapat menurunkan risiko penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi hingga 70 persen.

Air kelapa tua juga bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Air kelapa tua diketahui kaya akan kandungan magnesium, potasium, mangan, dan vitamin C. Mineral tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu menurunkan kadar gula darah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *