Myanmar Dikuasai Militer, Pengungsi Rohingya Semakin Takut Untuk Pulang

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Pengungsi Rohingya yang kini tinggal di Bangladesh turut mengutuk kudeta militer Myanmar. Mereka juga mengaku bahwa kudeta membuat mereka lebih takut untuk kembali ke Myanmar.

Para pengungsi mengakui mereka lebih takut sekarang karena militer kini memegang kendali penuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Militer membunuh kami, memperkosa saudara perempuan dan ibu kami, membakar desa kami. Bagaimana mungkin kami tetap aman di bawah kendali mereka?” kata Khin Maung, kepala Asosiasi Pemuda Rohingya di kamp-kamp di distrik Cox’s Bazar.

“Setiap repatriasi damai akan sangat berpengaruh. Ini akan memakan waktu lama karena situasi politik di Myanmar sekarang lebih buruk,” katanya seperti dilansir The Associated Press, Rabu (3/2/2021).

Pada tahun 2017, terjadi operasi kontra-pemberontakan oleh militer Myanmar, termasuk pemerkosaan massal, pembunuhan, dan pembakaran desa. Hal itu mendorong lebih dari 700.000 Muslim Rohingya mengungsi ke negara tetangga Bangladesh.

Bangladesh telah menampung mereka di kamp-kamp pengungsian dan ingin mengirim mereka kembali ke Myanmar. Sejumlah upaya repatriasi di bawah kesepakatan bersama gagal karena Rohingya menolak untuk pergi, takut akan lebih banyak kekerasan di negara yang menyangkal hak-hak dasar mereka termasuk status kewarganegaraan.

Para pejabat dari Myanmar dan Bangladesh bertemu bulan lalu untuk membahas cara-cara memulai repatriasi. Kementerian Luar Negeri Bangladesh dan pejabat Myanmar berharap repatriasi dapat dimulai sekitar bulan Juni mendatang.

Meski begitu, para pengungsi sangat menentang pengambilalihan militer.

“Kami mengutuk keras kudeta itu. Kami mencintai demokrasi dan hak asasi manusia, jadi kami khawatir itu hilang di negara kami,” kata Maung.

“Kami adalah bagian dari Myanmar, jadi kami merasakan hal yang sama seperti rakyat Myanmar pada umumnya. Kami mendesak masyarakat internasional untuk bersuara menentang kudeta,” katanya.

Kementerian Luar Negeri Bangladesh mengatakan pihaknya berharap kudeta tidak akan menghambat kepulangan para pengungsi.

“Sebagai tetangga dekat dan ramah, kami ingin melihat perdamaian dan stabilitas di Myanmar. Kami gigih dalam mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan Myanmar dan telah bekerja dengan Myanmar untuk pemulangan Rohingya secara sukarela, aman dan berkelanjutan,” katanya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggambarkan tindakan keras militer Myanmar terhadap Rohingya sebagai bentuk genosida. Total lebih dari 1 juta pengungsi Rohingya kini ditampung di Bangladesh. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar