Epidemiolog; Lockdown Akhir Pekan Lebih Efektif Untuk Mengurangi Penularan Covid 19

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Epidemiolog dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono menilai bahwa langkah lockdown akan cukup efektif untuk memperlambat penularan Covid-19.

Hal tersebut dikatakannya guna menanggapi rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang tengah mengkaji opsi lockdown akhir pekan untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Jadi ada dua intervensi. Lockdown di akhir pekan bisa menambah efektivitas PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar),” kata Tri dilansir dari laman Kompas.com, Rabu (3/2/2021).

Meskipun begitu, Tri menyarankan PSBB saat hari kerja tak dihapus selama pemberlakuan lockdown akhir pekan. Sebab, pemerintah tak bisa mengandalkan lockdown akhir pekan saja untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Karena lockdown akhir pekan itu tidak melewati masa inkubasi 7-14 hari. Kalau cuma lockdown dua hari tidak ada artinya,” kata Tri.

Lebih lanjut, Tri meminta pemerintah kembali menegakkan aturan protokol kesehatan selama PSBB. Dia menilai selama ini aturan PSBB hanya menjadi aturan di atas kertas dan tidak mampu menekan mobilitas warga.

“Padahal, kenyataannya regulasi itu tidak berjalan. Mobilitas warga di jalan-jalan masih tinggi setiap hari,” ujarnya.

Pemprov DKI Buka Opsi Lockdown

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa Pemprov DKI tengah mengkaji opsi lockdown akhir pekan untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Menurutnya, opsi lockdown itu berasal dari usulan anggota DPR RI yang mengacu pada kebijakan serupa yang diterapkan di Turki.

“Nanti tentu DKI Jakarta akan melakukan kajian analisa, nanti Pak Gubernur juga memimpin rapat-rapat internal apakah usulan dari DPR RI (untuk lockdown) dimungkinkan,” ujar Riza, Selasa (2/2/2021).

Sependapat dengan Presiden Joko Widodo, Riza mengakui pelaksanaan pembatasan sosial bersakala besar (PSBB) dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) belum efektif menekan penyebaran Covid-19.

Menurut Riza, masih banyak warga Jakarta yang beraktivitas di luar rumah pada akhir pekan.

“Memang faktanya di Sabtu-Minggu karena perkantoran tutup, banyak warga Jakarta yang melakukan aktivitas di luar rumah,” katanya.

Aktivitas warga pada akhir pekan bukan hanya berpusat di pasar, melainkan juga pergi ke pusat perbelanjaan dan tempat-tempat rekreasi. Ada pula warga yang keluar rumah bahkan ke luar kota untuk mengunjungi sanak keluarga.

Itulah sebabnya klaster keluarga menjadi klaser penularan Covid-19 tertinggi di DKI. “Klasternya (yang tertinggi) masih di keluarga,” kata Riza. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *