5 Mobil Teraman di Indonesia, Raih Rating Bintang 5 Uji Tabrak

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id – Membeli mobil baru, tidak hanya pertimbangkan harga dan model saja. Namun juga memperhatikan soal seberapa aman mobil, bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.

Selain bisa dengan melihat ragam fitur keselamatan aktif maupun pasif, beberapa mobil biasanya sudah melakoni uji tabrak. Hasilnya berupa skor dan rating, mulai dari nol sampai 5 bintang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut ini 5 mobil teraman di Indonesia, berdasarkan pengujian ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries)

1. Toyota Corolla Cross

Posisi puncak dihuni oleh Toyota Corolla Cross yang memiliki skor 88,61 dari 100 rating 5 bintang berdasarkan materi publikasi uji tes tabrak ASEAN NCAP Oktober 2020 lalu. Angka tersebut merupakan poin gabungan dari beberapa pengujian, misalnya tabrak depan, samping, maupun sebagian, hingga akhirnya mendapat nilai hampir sempurna. Fitur keselamatannya berupa rem Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist, Hill Start Assist, 7 airbags, dan Emergency Brake Signal.

2. Toyota Fortuner

Masih dari Toyota, mobil dengan sistem keselamatan terbaik adalah Toyota Fortuner dengan skor 87,46, dan berhasil menyabet 5 bintang ASEAN NCAP. Fitur keselamatan berupa 7 airbags, ragam sistem keselamatan aktif, juga struktur rangka yang melindungi penumpang dari tabrakan samping. Semua kelengkapan tadi hanya tersedia pada varian Fortuner 4×4 baik tipe VRZ dan G.

3. Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power mendapat bintang lima, dengan skor 86,93 dari 100. Bicara fitur safety, Kics e-Power dilengkapi dengan 6 SRS airbags, rem ABS, EBD, BA, kontrol stabilitas yang mencegah ban selip saat menikung, dan Vehicle Dynamic Control.

4. Isuzu MU-X

Selanjutnya SUV Isuzu MU-X. Serupa Fortuner, pengetesannya menggunakan model Isuzu D-MAX, yang merupakan versi pikap kabin ganda dengan platform, struktur bodi, dan alat proteksi serupa. Skornya 86,81 dari 100. Mobil ini bisa mendapat poin hampir sempurna karena memiliki beberapa fitur keselamatan aktif berupa Lane Departure Warning maupun Forward Collision Warning. Namun fitur safety yang tersemat pada Isuzu MU-X versi Indonesia hanya berupa dual SRS airbag, rem ABS, EBD, kontrol traksi dan stabilitas.

5. Mitsubishi Outlander PHEV

Model yang diuji oleh ASEAN NCAP pada 2020 lalu merupakan versi bermesin bensin biasa, namun punya kesamaan fitur seperti versi plug-in hybrid, sehingga nilainya tak jauh berbeda. Ini karena pada Outlander PHEV dipersenjatai dengan 7 airbags dan fitur keselamatan aktif berupa: Forward Mitigation Collision System, Blind Spot Warning, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System, Kontrol stabilitas, Rem ABS, EBD, BA, Rear Cross Traffic Alert, Lane Change Assist, Hill Start Assist, Mitsubishi Outlander PHEV kini.

(Liputan 6/sitha)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *