Guru Besar UI Ingatkan bahayanya Sertifikat Tanah dalam Bentuk Digital

Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Ronnie H Rusli, MS, PhD
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Sertifikat tanah dalam bentuk digital sangat berbahaya karena bisa hilang sekejap atau direkayasa dan merugikan pemiliknya.

“Buku sertifikat dijadikan virtual/maya yang bisa dihapus dalam sekejap hilang bukti kepemilikan atas tanahnya turun temurun,” Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Ronnie H Rusli, MS, PhD di akun Twitter-nya @Ronnie_Rusli, sebagaimana dilansir suaranasional, Jum’at (5/2).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Oleh karenanya Ronnie mengatakan, sertifikat kepemilikan tanah itu ada sawah ladang, rumah, pabrik, perkebunan yang paling otentik kepemilikannya berbentuk tulisan di atas kertas ada cap, gambar bukan “Virtual” di HP atau Laptop. Karena gambar di HP/Laptop bukan barang bukti otentik bisa direkayasa gambar-gambarnya.

E-KTP yang punya warga dari China Tiongkok bisa diterbitkan secara sah. Belum yang puluhan ribu ditemukan e-KTP saat mau pemilu, kata Ronnie, “Nanti ramai bisnis jual beli e-SHM (e-Sertifikat Hak Milik) bingung yang punya SHM di kertas didatangin pemilik baru pegang e-SHM,”.

Sertifikat dalam bentuk virtual tidak bisa dipegang sebagai barang bukti, Ronnie menuturkan pengadilan mintanya barang bukti bukan bukti virtual yang dibawa Ke pengadilan supaya adil hasil keputusannya.

“Kalau yg faktual di tarik diganti elektronik itu hanya pengakuan bukan kepemilikan fakta yang tertulis. Kalau itu adanya, buat apa ada tanda tangan sampai tanda tangan Presiden. Ganti saja dengan elektronik di copy scan sajalah, masukan ke “e” holder. Yang namanya “e” itu VIRTUAL,” jelas Ronnie.

Seharusnya, menurut Ronnie pemegang SHM yang diterbitkan BPN otomatis data kepemilikannya secara virtual ada di BPN tanpa hrs menyerahkan ‘Buku Sertifikat SHM atas Tanah & Bangunan Fisiknya’.

“Sehingga memperkuat bukti pemilikan untuk di Cek saat jual beli dikantor BPN. Bukan sertifikat diserahkan dan diganti Virtual,” paparnya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *