Hikmah Pagi : Amalan-amalan Bulan Rajab yang Disunahkan untuk Umat Muslim

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia. Maka dari itu, sebagai umat muslim dianjurkan untuk mengamalkan amalan-amalan tertentu pada bulan ini. Hal tersebut dikarenakan fadhilahnya yang sangat luar biasa.

Sebagaimana yang dirangkum dari portal Jember, berikut ini adalah amalan-amalan bulan Rajab yang disunnahkan untuk umat muslim.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Perbanyak Dzikir

Saat memasuki bulan rajab, maka seorang muslim disunnahkan untuk memperbanyak dzikir. Hal tersebut dikarenakan pahala yang akan didapatkan bisa berlipat ganda, selain itu mengingat keutamaan dzikir sendiri sangat banyak dan mampu melembutkan hati serta senantiasa mengingat Allah. adapun bacaannya sebagai berikut,

إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلْخَٰشِعِينَ وَٱلْخَٰشِعَٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” ( Q. S. Al Ahzab: 35)

2. Segera Melunasi Utang atau Qadha Puasa

Apabila masih mempunyai hutang atau qadha puasa ramadhan, maka disunnahkan untuk segera melunasinya pada bulan rajab ini. Agar saat memasuki ramadhan selanjutnya, hutang-hutang puasa tahun lalu sudah terganti dan tidak perlu untuk membayar fidyah.

3. Perbanyak Membaca Istighfar

Amalan bulan rajab yang sunnah dilakukan oleh umat muslim selanjutnya adalah perbanyak membaca istighfar. Hal tersebut sebagaimana yang tertera pada kitab Risalah ‘Amaliyah “Barang siapa yang membaca (istigfar) pada bulan rajab, bulan sya’ban, dan bulan ramadhan dibaca lada tiap-tiap hari antara shalat ashar dan maghrib, maka Allah SWT mewahyukan kepada dua malaikat agar merobek buku catatan dosa dan kesalahannya semasa hidupnya.Adapun bacaan istighfarnya antara lain,

اَسۡتَغۡفِرُ ﷲَ الۡعَظِيۡمَ الَّذِيۡ لَآاِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَيُّ الۡقَيُّوۡمُ غَفَّارُ الذُّنُوۡبِ وَسَتَّارُ الۡعُيُوۡبِ وَاَتُوۡبُ اِلَيۡهِ تَوۡبَۃَ عَبۡدِ ظَالِمِ لِنَفۡسِهِ لَايَمۡلِكُ ضَرًّا وَلَانَفۡعًا وَلَامَوۡتًا وَلَاحَيَاۃً وَلَانُشُوۡرًا

4. Perbanyak Berdoa

Sebagaimana yang sudah diketahui jika bulan haram merupakan bulan dimana waktu terkabulnya doa-doa. Maka dari itu, saat memasuki bulan rajab, dianjurkan untuk perbanyak berdoa agar segala keinginan-keinginan tercapai.

Sebagaimana firman Allah: “Mohonlah (berdoalah) kamu kepada Tuhanmu dengan cara merendahkan diri dan cara halus, bahwasannya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas; dan janganlah kamu berbuat kebinasaan di bumi (masyarakat) setelah la baik; dan mohonlah (berdoalah) kamu kepada Allah dengan rasa takut dan loba (sangat mengharap); bahwasannya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang-orang, yang ihsan (Iman kepada Allah dan berbuat kebajikan),” (QS. Al A’raaf: 55-56)

5. Jauhi Kemaksiatan

Amalan-amalan bulan rajab yang disunnahkan untuk umat muslim yang terakhir adalah jauhi kemaksiatan. Sebagaimana yang sudah diketahui jika seseorang melakukan maksiat pada bulan ini, maka dosanya akan dilipat gandakan. Untuk itu, usahakan hindari melakukan maksiat dan perbanyaklah bertaubat kepada Allah SWT serta perbanyak melakukan kebaikan-kebaikan.

Itulah 5 amalan bulan rajab yang sunnah dikerjakan oleh umat muslim. Dengan melakukan amalan-amalan tersebut, semoga setiap kebaikan yang dilakukan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *