Fraksi Partai Gerindra: Anies Baswedan Berhasil Tangani Banjir Jakarta 2021

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra Syarif menilai Gubernur Anies Baswedan berhasil atasi banjir di Jakarta pada tahun ini.

Syarif menerangkan, ada beberapa indikator sehingga dirinya menyimpulkan Anies berhasil mengatasi banjir. Salah satunya dari durasi banjir yang menerjang Jakarta pada pekan lalu. Dari keseluruhan wilayah yang terendam, kata Syarif, rata-rata air surut dalam enam jam sesuai target Anies.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Durasinya genangan gimana, perbandingan dengan tahun-tahun sebelumnya, durasi genangan itu sudah berapa lama, sekarang itu pak Anies sudah bekerja dengan baik memberikan arahan kepada bawahannya supaya banjir tidak boleh lebih dari enam jam dan berhasil di bawah enam jam,” kata Syarif dilansir dari laman AKURAT.CO, Minggu (14/2/2021).

Syarif mengakui, beberapa wilayah yang terdampak banjir kali ini memang lebih dari enam jam seperti yang terjadi di Bidara Cina dan Kebon Pala, Jakarta Timur. Namun banjir di tempat ini bisa dikecualikan karena kontur tanah dan pemicu banjirnya berbeda.

Di kawasan ini kata dia, kontur tanah berbentuk cekungan, dan banjir yang terjadi karena air kiriman dari sejumlah wilayah Jawa Barat, karenanya perlu penanganan khusus.

“Bagaimana dengan beberapa tempat yang di atas enam jam? Itu ada masalah lain, seperti Kebon Pala, Bidara Cina, itukan cekungan, itu dibutuhkan terobosan radikal di tempat itu, tetap secara umum di bawah enam jam,” tegas Syarif.

Selain durasi banjir, hal lain yang dinilai sebagai keberhasilan Anies Baswedan mengatasi banjir Jakarta, lanjut Syarif adalah cakupan wilayah yang terdampak.

Dia menyebut, jumlah kawasan yang tergenang banjir tahun ini menurun hingga 50 persen. Syarif mengatakan, banjir tahun ini menggenangi sebanyak 161 RT, sedangkan tahun lalu, banjir menerjang 240 RT.

“Wilayah yang tergenang, dibandingkan tahun sebelumnya, sekarang berkurang. Kuantitinya 161 RT yang tergenang. Jika dibanding dengan tahun sebelumnya, ada 240an RT,” tuturnya.

Syarif melanjutkan, hal lain mengukur keberhasilan Anies menangani banjir, adalah dilihat dari dampak banjir terhadap kerusakan fasilitas di Jakarta, kata dia, banjir tahun ini nyaris tak berdampak parah pada kerusakan fasilitas milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kemudian dampaknya terhadap fasilitas publik, itu enggak separah tahun sebelumnya. jadi dengan indikator itu kita bisa katakan Anies Berhasil menangani banjir,” tuntasnya. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *