Panglima TNI : Kekuatan Media Sosial Dapat Memicu Kerusuhan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan kekuatan media sosial dapat memicu terjadinya kerusuhan di beberapa negara.

“Kekuatan medsos telah menggulirkan kerusuhan di beberapa negara, seperti Eropa, Amerika Serikat, Myanmar, dan Thailand,” kata Panglima Hadi saat berbicara dalam Rapat Pimpinan TNI Tahun 2021 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, dilansir tempo pada Selasa, 16 Februari 2021.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut dia, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang telah melahirkan senjata sosial baru, yaitu internet, siber, dan media sosial harus menjadi perhatian bersama. Hadi melihat kekuatan internet dan medsos ini untuk menyebarkan paham radikalisme dan terorisme.

Sementara, Pakar media digital Turki, Ali Murat Kirik mengatakan media sosial telah menjadi salah satu instrumen terpenting perang generasi baru. Metode perang siber, termasuk berita palsu, diplomasi, penyalahgunaan sistem hukum dan intervensi pemilu asing.

“Media sosial dapat membentuk persepsi dan mendesain ulang masyarakat. Ia dapat meningkatkan sensitivitas dan dapat mengeraskan reaksi dalam masyarakat. Apa pun dapat berubah menjadi kenyataan melalui media sosial dan masyarakat dapat menjadi bagian dari simulasi ini atau dunia buatan,” ujar dia dilansir aa.com.tr pada Selasa (16/2).

Menurut Kirik, media sosial bisa memanipulasi realitas, oleh karena itu, ia dapat digunakan untuk melemahkan administrasi, masyarakat, tentara, atau ekonomi suatu negara.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *