Petani dan Koperasi NUMas Gelar Harlah NU

Dian Adha Sari, mewakili pengurus Koperasi Nusantara Banyumas Satria (NUMas) menyerahkan potongan tumpeng
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



BANYUMAS, Hajinews.id,- – Para petani dan pengurus Koperasi Koperasi Nusantara Banyumas Satria (NUMas) belum lama ini menggelar doa bersama dalam rangka Peringatan Hari Lahir (Harlah) Ke-95 Nahdlatul Ulama (NU).

Ketua Koperasi NUMas Muhammad Arief Albani menjelaskan, doa bersama dan tumpengan sebagai bentuk Syukur kali ini digelar di Kebun Merah Putih NUMas Cikoas, Cingebul, Lumbir bertepatan dengan Jadwal Penanaman Pohon Kopi Tahap VII yang merupakan Program Koperasi NUMas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kegiatan tersebut dihadiri anggota Koperasi NUMas dan Pengurus Unit Usaha Koperasi, khususnya Unit Usaha Pertanian. Acara dimulai pukul 09.00 dengan diawali pembacaan doa syukur oleh Kiai Selamet Subakhi yang merupakan Anggota Koperasi NUMas.

“Pertanian yang dijalankan koperasi NUMas diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan diri para petani dalam menjalani kehidupan. Saya dibesarkan dari hasil bertani kedua orangtua saya”. Kata Kiai Selamet Subakhi yang juga pengasuh pondok pesantren  Darunnajah Pliken, Kembaran, Kabupaten Banyumas iyu.

 

Kepercayaan Diri

Ketua Koperasi NUMas Muhammad Arief Albani dalam pembukaan mengatakan, kemandirian ekonomi masyarakat dimulai dari menumbuhkan kepercayaan diri para petani. Bahwa mereka percaya diri dapat menyediakan bibit sendiri, menyediakan pupuk dan kelengkapan kerja mereka sendiri dan percaya diri untuk memasuki pasar dalam memasarkan hasil panennya.

“Menumbuhkan kepercayaan diri petani dan peternak ini kami anggap penting sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat. Memberdayakan para petani dan peternak agar lebih mengetahui banyak hal dari hulu hingga hilir. Mereka dapat mempelajari banyak hal dalam pengolahan hasil panen mereka hingga menjadi barang produksi siap pasar,” katanya.

Prosesi pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur dilakukan Dian Adha Sari Anggota Koperasi NUMas pemilik lahan garap yang kemudian diserahkan kepada Balqis Fadhillah mewakili Anggota Koperasi NUMas. Namun oleh Balqis Fadhillah justru kemudian diberikan kepada mbah Tarjuki yang menurutnya lebih merepresentasikan wakil petani penggarap di Koperasi NUMas.

Balqis Fadhilah mewakili Anggota Koperasi NUMas menyampaikan harapannya agar Koperasi NUMas ke depannya lebih banyak lagi dalam melahirkan program-program pertanian dan peternakan di masyarakat.

“Sinergi dan membuka kemitraan dengan berbagai pihak mungkin harus lebih banyak dilakukan lagi oleh Koperasi NUMas” kata Balqis Fadhillah yang juga anggota DPRD Banyumas itu.

Menurut Arief Albani, penanaman tahap VII Kebun Kopi Merah Putih NUMas menanam 700 batang pohon kopi. ‘’,Koperasi NUMas digerakkan oleh para Penggerak/Muharrik Nahdlatul Ulama yang dalam menjalankan program-program di dalamnya tidak lepas dari mendakwahkan Islam yang Rahmatan lil ‘Alamin ala Ahlussunah wal Jama’ah an-Nahdliyah,’’ katanya. (fat).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *