Boeing 777 Sedunia Dilarang Terbang, Bagaimana Nasib Garuda?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id – Mengejutkan, Perusahaan pesawat terbang Amerika Serikat, Boeing, menghentian pemakaian (grounding) pesawat model 777 di seluruh dunia, setelah salah satu pesawat model ini mengalami kerusakan mesin di Denver. Lantas bagaimana nasib Maskapai Garuda Indonesia yang diketahui juga mengoperasikan Boeing 777?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Maskapai Garuda Indonesia diketahui mengoperasikan Boeing 777. Meski demikian, Garuda Indonesia memastikan 10 armada B777-300ER yang dioperasikan perseroan, telah memenuhi kriteria laik terbang berdasarkan ketentuan aircraft maintenance manual di bawah pengawasan penuh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menegaskan bahwa armada B777-300ER yang dioperasikan Garuda Indonesia telah menjalani prosedur inspeksi kelaikan terbang sesuai manual manufaktur.

“Sebagai antisipasi, Garuda Indonesia juga telah menjalankan inspeksi khusus secara menyeluruh terhadap seluruh armada B777-300ER. Dari prosedur inspeksi tersebut, seluruh komponen pesawat dalam kondisi serviceable dan laik terbang. Hasil inspeksi tersebut juga telah kami sampaikan kepada DKPPU,” ujar Irfan dalam keterangan tertulis yang dilansir kumparan, Senin (22/2).

Irfan menjelaskan, Armada B777-300ER milik Garuda juga berbeda dengan armada yang terlibat dalam insiden kecelakaan di Denver. Adapun pesawat B777-300 ER yang saat ini dioperasikan Garuda Indonesia menggunakan engine tipe GE90-115B buatan pabrikan General Electric.

Selain menjalankan prosedur inspeksi secara menyeluruh, Irfan mengatakan Garuda Indonesia juga menjalankan mekanisme perawatan secara berlapis dan end to end pada seluruh pesawat. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi pesawat dalam kondisi yang prima ketika akan terbang.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *