Hikmah Pagi: 3 Penghalang Untuk Masuk Surga

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id- Setiap orang pasti berharap ketika berada di akhirat untuk bisa masuk ke dalam surga. Namun hanya orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT yang mampu menjadi penghuni surga tersebut.

Perlu diketahui ada tiga penghalang seseorang untuk bisa masuk ke dalam surga. Hal tersebut sudah pernah diperingatkan oleh Rasulullah SAW agar kita dapat menjauhi hal-hal tersebut. Berikut 3 pengahalang untuk masuk surga, diantaranya:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Berlaku Sombong

Sombong adalah merasa dirinya lebih dan memandang orang lain rendah di matanya. Perilaku tersebut amatlah berbahaya jika sampai ada di dalam diri setiap orang. Iblis adalah makhluk pertama yang melakukan kesombongan tersebut sehingga menyebabkan dirinya dilaknat oleh Allah SWT. Orang-orang yang berperilaku sombong menyebabkan dirinya tidak dapat masuk ke dalam surga. Dari Abdullah bin Mas’ud dari Nabi SAW, beliau bersabda:

“Tidak akan masuk surga orang yang ada kesombongan seberat biji sawi di dalam hatinya.” Seorang laki-laki bertanya,” Sesungguhnya semua orang senang bajunya bagus, sandalnya bagus, (apakah itu kesombongan?”) Beliau SAW menjawab, “Sesungguhnya Allah Maha indah dan mencintai keindahan. Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia.”(HR. Muslim)

2. Berkhianat

Khianat adalah mengingkari janji atau amalan yang telah diberikan kepaadanya. Al-Munawi RA berkata:

“Khianat adalah menyia-nyiakan amanah. Ada yang mengatakan khianat adalah menyelisihi kebenaran dengan membatalkan perjanjian secara rahasia.” (At-Tauqif)

Para ulama bersepakat jika khianat adalah termasuk ke dalam salah satu dari dosa besar.

3. Mati dalam Keadaan Berhutang

Seorang muslim wajib berusaha semaksimal mungkin untuk membebaskan diri dari hutangnya. Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa Rasulullah SAW tidak mau menshalatkan jenasah seseorang yang memiliki hutang.

“Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan hutangnya hingga dia melunasinya.”(HR. At-Tirmidzi)

Orang yang meninggal dunia sedang dia masih memiliki hutang dan belum dilunasi oleh ahli warisnya maka kelak dia akhirat hutang tersebut akan dilunasi oleh kebaikannya di akhirat nanti.

Demikianlah tiga hal yang dapat menyebabkan seseorang terhalang untuk masuk surga. Maka, sudah selayaknya kita sebagai umat Islam untuk menjauhi hal-hal tersebut. Barangsiapa di akhirat nanti terbebas dari ketiga hal di atas, maka mereka akan masuk ke dalam surga.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *