Kita Harus Jujur: Setiap Vaksin Covid-19 Itu Berbeda [1]

Kita Harus Jujur: Setiap Vaksin Covid-19 Itu Berbeda [1]
ilustrasi: vaksin covid-19
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Memang benar bahwa ketiga vaksin yang disahkan FDA sangat baik — luar biasa, bahkan — dalam melindungi kesehatan manusia. Tetapi juga benar bahwa vaksin COVID-19 tidak semuanya sama: Beberapa lebih efektif dalam mencegah penyakit, misalnya, beberapa menyebabkan lebih sedikit reaksi merugikan; beberapa lebih nyaman; beberapa dibuat dengan menggunakan metode dan teknologi yang lebih dikenal.

Oleh  : Hilda Bastian, ilmuwan, penulis, dan anggota pendiri Cochrane Collaboration, editor proyek Kesehatan PubMed di National Library of Medicine

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews – Produk vaksin Covid-19 baru dari Johnson & Johnson mendapatkan sambutan yang sangat antusias di Amerika. Padahal, vaksin itu memiliki kemanjuran yang agak lebih rendah dalam mencegah penyakit simptomatik daripada pilihan lain yang tersedia. Mengapa?

Meskipun data uji klinis mematok angka efficacy 72 persen di Amerika Serikat, dibandingkan dengan 94 dan 95 persen untuk vaksin Moderna dan Pfizer-BioNTech, banyak ahli mengatakan kita tidak boleh terpaku pada angka-angka itu. Jauh lebih relevan, kata mereka, adalah fakta bahwa vaksin Johnson & Johnson, seperti dua lainnya, pada dasarnya sempurna dalam mencegah kondisi yang paling buruk. “Saya sangat bersemangat tentang ini,” kata koordinator vaksin Negara Bagian Virginia kepada The New York Times, akhir pekan lalu. “Kemanjuran seratus persen melawan kematian dan rawat inap? Itu saja yang perlu saya dengar. “

Pesan yang sama — bahwa vaksin COVID-19 semuanya setara, setidaknya di tempat yang benar-benar diperhitungkan — telah membuat pejabat dan pakar kesehatan masyarakat bersemangat selama berminggu-minggu ini. Nilai potensialnya untuk mempromosikan vaksinasi sangat jelas: Kita semua akan menjadi lebih baik, dan mimpi buruk ini akan berakhir lebih cepat, jika orang tahu bahwa vaksin terbaik dari semuanya adalah vaksin mana yang bisa mereka dapatkan paling cepat.

Dengan pemikiran tersebut, Vox telah mendorong pembacanya untuk memperhatikan “statistik vaksin yang paling penting” —fakta bahwa “tidak ada kasus rawat inap atau kematian dalam uji klinis untuk semua vaksin ini”. Dokter dan analis medis CNN, Leana Wen juga mencatat bahwa “semua vaksin pada dasarnya seratus persen” dalam hal ini.

Dan setengah lusin mantan anggota Dewan Penasihat COVID-19 Presiden Joe Biden menulis di USA Today, “Memvariasikan tingkat ‘efektivitas’ akan membuat kita kehilangan poin yang paling penting: Semua vaksin itu 100% efektif dalam uji coba vaksin dalam menghentikan rawat inap dan kematian.”

Ada masalah disini. Memang benar bahwa ketiga vaksin yang disahkan FDA sangat baik — luar biasa, bahkan — dalam melindungi kesehatan manusia. Tidak seorang pun boleh menahan diri dari mencari vaksinasi dengan teori bahwa apapun mungkin kelas dua. Tetapi juga benar bahwa vaksin COVID-19 tidak semuanya sama: Beberapa lebih efektif daripada yang lain dalam mencegah penyakit, misalnya; beberapa menyebabkan lebih sedikit reaksi merugikan; beberapa lebih nyaman; beberapa dibuat dengan menggunakan metode dan teknologi yang lebih dikenal.

Adapun klaim bahwa vaksin telah terbukti secara sempurna dan sama efektifnya dalam mencegah rawat inap dan kematian? Itu tidak benar.

Perbedaan di antara opsi-opsi ini dapat menjadi masalah yang cukup penting, dalam cara yang berbeda bagi orang yang berbeda, dan perbedaan tersebut tidak boleh diminimalkan atau ditutupi. Apalagi tidak sekarang: Pasokan vaksin di AS akan segera melampaui permintaan, bahkan saat varian virus yang lebih menular menyebar ke seluruh negeri. Sementara itu, gubernur mencabut aturannya tentang masker, atau mengambil langkah lain untuk melonggarkan batasannya. Sangat menggoda untuk percaya bahwa pesan yang sederhana dan tegas — bahkan yang mendekati hype — adalah yang paling dibutuhkan pada momen penting ini. Tetapi jika pesannya bisa salah, itu memiliki konsekuensi.

Gagasan bahwa semua vaksin hampir sama, yaitu sempurna dalam mencegah COVID-19 rawat inap dan kematian, muncul di media sosial. Op-ed USA Today oleh mantan anggota tim Biden mengilustrasikan hal ini dengan menautkan ke tabel data yang ada di Twitter.

Dibuat oleh dokter penyakit menular Monica Gandhi, ini menunjukkan berbagai hasil uji coba untuk enam vaksin berbeda. Satu kolom diberi warna kuning kenari— “Perlindungan dari rawat inap / kematian” —dan setiap sel bertuliskan “100%”. Tabel serupa, yang di-tweet beberapa hari sebelumnya oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Brown, Ashish Jha, menyampaikan gagasan yang sama melalui kisi-kisi nol — seperti pada, tidak ada orang yang dirawat di rumah sakit, tidak ada orang yang meninggal. Dokter dan peneliti terkemuka Eric Topol mengikuti dengan ringkasan data uji klinisnya sendiri yang menampilkan kolom 100 persen. “Itu luar biasa!” tulisnya di atas. Secara keseluruhan, postingan mereka akan di-retweet sekitar 15.000 kali.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *