Langkah Untuk Sejahterakan Masyarakat Indonesia, Presiden Jokowi Minta BPPT Melakukan Hal Ini

Presiden Jokowi/ Instagram
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Kesejahteraan masyarakat memang menjadi salah satu tujuan pemerintah, oleh sebab itu, presiden jokowi minta BPPT untuk lakukan langkah segera.

Langkah segera yang diminta presiden Jokowi terhadap BPPT tersebut dalam upaya pemanfaatan sumber daya alam Indonesia untuk sejahterakan masyarakat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Terdapat sejumlah langkah yang disarankan presiden Jokowi untuk mensejahterakan masyarakat terkait pemanfaatan sumber daya alam Indonesia.

BPPT, dalam hal ini harus memanfatakan teknologi untuk kelola sumber daya alam, seperti dikutip mantrasukabumi.com dari postingan akun instagram @jokowi, Selasa, 9 Maret 2021.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) adalah Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang berada dibawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengkajian dan penerapan teknologi.

“Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Namun, kekayaan tersebut tidak akan memberikan manfaat maksimal tanpa penguasaan dan pemanfaatan teknologi secara bijak,” tulis @jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, presiden Jokowi menjelaskan bahwa pemanfaatan sumber daya alam Indonesia perlu didukung dengan sejumlah cara dan langkah terbaik.

“Karena itulah, saya berharap banyak kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk menempuh sejumlah langkah,” sambungnya.

Ada beberapa langkah yang disampaikan presiden Jokowi untuk memanfaatkan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat.

1. BPPT harus aktif berburu inovasi dan teknologi untuk dikembangkan lebih lanjut dan diterapkan.

“Ada ribuan peneliti di pemerintahan dan swasta, serta para inovator lain di tengah masyarakat, yang memiliki banyak temuan yang bisa dikembangkan lebih lanjut, bahkan sampai tahap komersialisasi. Selama pandemi ini misalnya, akselerasi inovasi bisa kita lihat di bidang kesehatan seperti ventilator untuk perawatan pasien Covid-19 atau alat uji GeNose yang mulai digunakan di lokasi-lokasi padat interaksi,” ucap presiden Jokowi.

2. Selama belum bisa diproduksi di dalam negeri, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) harus memiliki jaringan luas.

“BPPT harus mampu memiliki jejaring luas dan menjadi lembaga akuisisi teknologi maju dari manapun, selama belum bisa diproduksi di dalam negeri,” sambungnya.

3. BPPT harus turut ambil bagian dalam pengembangan kecerdasan buatan dan menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia.

“Di era informasi saat ini, penguasaan terhadap teknologi kecerdasan buatan amat krusial untuk memenangkan persaingan,” sambungnya.

Sumber daya alam Indonesia yang sangat melimpah, perlu dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk kesejahteraan masyarakat dan negara.

Dimasa pandemi ini, usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menstabilkan ekonomi nasional, perlu adanya dukungan pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan sumber daya alam. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *