Kabar Baik! Selesai Kuliah, Mahasiswa Indonesia di Inggris Bisa Langsung Kerja

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Siswa internasional yang sudah menyelesaikan gelarnya di universitas-universitas di Inggris sekarang dapat tinggal di sana untuk bekerja atau mencari pekerjaan. Namun hal itu bisa terjadi setelah studi mereka selama dua atau tiga tahun untuk mahasiswa Doktoral.

Pendaftaran ‘Jalur Lulusan’ baru ini akan dibuka pada 1 Juli 2021. Saat ini tercatat ada sekitar 500.000 siswa internasional tiap tahunnya, yang memilih untuk sekolah di Inggris, menjadikannya salah satu tujuan paling populer dan beragam bagi siswa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Inggris membuat perubahan ini sebagian untuk mempertahankan siswa internasional yang tercerdas dan terbaik. Siswa Internasional akan terus berkontribusi kepada masyarakat dan ekonomi Inggris pascastudi,” sebut keterangan tertulis Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

“Dengan berbekal pengalaman di awal karier yang mereka mulai di Inggris dan membagikan pengalaman tersebut saat mereka pulang ke negara masing-masing, para siswa ini akan membangun hubungan antara Inggris dan negara asal mereka, hal ini akan menghubungkan Inggris dengan dunia,” imbuh keterangan tersebut.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengungkapkan suka citanya terhadap pengumuman ini dan mengatakan ada sekitar 3.500 warga negara Indonesia yang belajar di Inggris setiap tahunnya.

“Kedengarannya banyak, tetapi angka ini tidak sebanding dengan jumlah pelajar dari Tiongkok yang menembus angka 100.000 dan 17.500 pelajar dari Malaysia,” sebut Dubes Jenkins, dalam keterangan tertulis dilansir Medcom.id, Jumat, 5 Maret 2021.

Dirinya menjelaskan pada tahun-tahun awal setelah lulus dari gelar sarjana, magister atau doktoral, mahasiswa internasional dapat mengembangkan diri mereka dengan bekerja di beberapa sektor terkemuka dunia Inggris seperti IT, FinTech, Biomedis dan Ilmu Hayati, Teknik, Konsultasi, dan lainnya.

“Hal ini akan membangun kesempatan besar bagi hubungan Inggris dan Indonesia untuk berkembang secara luas terutama saat para WNI berbakat ini kembali ke Indonesia dan berbagi pengalaman kerja yang mereka dapatkan di Inggris,” sebut Owen.

Bagaimana caranya?

Sebelum mendaftarkan diri untuk ‘Jalur Lulusan’, mahasiswa internasional harus menyelesaikan kursus yang memenuhi syarat di penyedia pendidikan tinggi Inggris, dengan rekam jejak kepatuhan dan persyaratan imigrasi pemerintah Inggris. Mahasiswa yang sudah berada pada ‘Jalur Lulusan’ akan dapat bekerja atau mencari pekerjaan setelah studi mereka selesai untuk jangka waktu maksimal dua tahun, atau tiga tahun untuk mahasiswa S3.

Sebagai bagian dari ‘Jalur Lulusan’ ini, para pekerja pendatang berketerampilan tinggi yang memiliki tawaran pekerjaan dari perusahaan yang mumpuni akan memenuhi syarat untuk mendapatkan visa tanpa perlu sponsor atau dukungan pihak ketiga.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *