Hikmah Malam: 5 Hal yang Membuat Rezeki Selalu Ditambah

Ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews. Id Tidak selamanya roda kehidupan berada di atas. Ada kalanya rezeki mampet dan membuat perekonomian terganggu.

Namun ada amalan agar rezeki selalu ditambah, tidak melulu dengan hanya bekerja keras, akan tetapi melalui amal perbuatan berikut ini. Apa saja? Inilah ulasannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Bertaubat

Rezeki datangnya dari Allah maka ketika rezeki tersendat pasti ada yang salah antara hubungan kita dengan Allah. Hal ini juga sudah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadist riwayat Ahmad yang artinya:

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seseorang terjauh dari rezeki disebabkan oleh perbuatan dosanya.” (HR Ahmad).

Jika demikian, kalau dosa menghambat rezeki maka taubat menjadi jalan untuk kembali membukanya. Masih ragu? Silakan ingat-ingat kembali banyaknya penyelenggaraan salat istisqa di berbagai daerah yang isinya bentuk pertaubatan dan langsung dihijabah oleh Allah dengan nikmat hujan.

2. Gemar Melakukan Sedekah

Tidak bisa dipungkiri bahwa disekitar kita masih banyak orang-orang yang berat sekali mengeluarkan sedekah. Kondisi ini sangat berbanding terbalik jika ada yang mengajak makan dan ditraktir, maka tanpa pikir panjang akan dengan sangat cepat memberikan tanggapan. Kondisi seperti ini sangat banyak kita temui bukan. Namun coba perhatikan, mereka yang suka mentraktir teman-temannya tidak pernah kekurangan, bahkan justru selalu mendapat rezeki lebih dan bisa digunakan untuk mentraktir lagi.

3. Mengawali Aktivitas dengan Salat Dhuha

Allah SWT juga menyediakan amalan yang bisa menjadi penarik rezeki. Tanpa mengenyampingkan salat sunnah lainnya, salat Dhuha memang dijanjikan Allah sebagai amalan untuk mendatangkan rezeki. Salat ini menjadi salah satu rutinitas Rasulullah ketika memulai hari. Bagi orang yang mencari pekerjaan, luangkanlah waktu anda untuk mengawali aktivitas anda dengan shalat dhuha sebelum berangkat mencari pekerjaan, dan agendakan diri anda untuk senantiasa melakukan shalat dhuha setipa pagi, karena itu merupakan aplikasi rasa syukur kita kepada Allah.

4. Meringankan Diri Dalam Bersilaturrahmi

Pernahkan anda memiliki pengalaman mendapat pekerjaan dimana anda direferensikan oleh teman kepada orang lain. Biasanya karena sudah mengenal anda, teman-teman akan mudah mereferensikan anda kepada bos atau perusahaan yang membutuhkan jasa atau layanan anda. Nah inilah salah satu manfaat dari silaturahmi. Jika saja anda tidak bersilaturahmi kepada teman anda tadi, niscaya perusahaan atau orang yang membutuhkan jasa anda tidak menggenal siapa anda.

5. Bersyukur

Bersyukur adalah cara menambahkan lebih. Dengan bersyukur maka orang akan selalu merasa cukup. Lihatlah bagaimana bahagianya mereka yang hanya berpenghasilan Rp.20 ribu sehari karena terus bersyukur. Atau orang yang sibuk kesana-sini tetapi tidak pernah merasa lebih.

Artinya : sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikamt tersebut, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (QS. Ibrahim; 7 )

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *