Waspada! 7 Kesalahan yang Dilakukan Perempuan Saat Haid

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Haid merupakan siklus bulanan yang terjadi pada perempuan. Terdapat hal-hal tertentu yang harus dihindari atau dilakukan wanita ketika haid datang. Namun sebagian perempuan masih banyak yang tak mengetahui hal tersebut. berikut 7 kesalahan yang dilakukan perempuan saat Haid

1. Pembalut dipakai lebih dari 3-4 jam

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Saat sedang haid, perempuan seringkali tidak mengganti pembalut dalam jangka waktu yang lama. Padahal pembalut harus diganti setiap 3-4 jam sekali agar tidak tumbuh bakteri yang bersarang di vagina. Hal tersebut karena ketika haid, area sekitar alat reproduksi menjadi lebih lembab dan dapat menimbulkan pertumbuhan bakteri buruk seperti Staphylococcus aureus.

2. Banyak makan snack

Terkadang perempuan merasa ingin ngemil atau makan snack lebih banyak saat haid. Mengonsumsi makanan yang tinggi natrium seperti keripik kentang dapat menyebabkan perut kembung.bHal tersebut karena snack tinggi natrium mengandung banyak garam. Semakin banyak mengonsumsi garam atau makanan asin, maka semakin banyak banyak air yang terserap dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kembung. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi garam ketika haid datang.

3. Tangan tidak higienis

Ketika memasang pembalut, perempuan terkadang tidak memperhatikan kebersihan dari tangannya. Jika menempelkan pembalut dengan kondisi tangan yang kotor, maka bakteri atau kuman dapat ikut menempel ke permukaan pembalut. Kuman atau bakteri yang menempel di pembalut tersebut dapat menyebabkan gatal-gatal atau infeksi. Oleh karena itu, pastikan tangan dalam kondisi ketika memasang pembalut.

4. Memakai bahan pewangi

Ketika haid datang, hindari menggunakan bahan pewangi atau bahan pembersih yang mengandung pewangi untuk digunakan di organ kewanitaan. Hal tersebut dikarenakan bahan kimia pada pewangi dapat menyebabkan resiko infeksi bakteri dan jamur.

5. Malas berolahraga

Karena merasa kurang nyaman dan nyeri perut, perempuan yang sedang haid terkadang melewatkan sesi berolahraga. Padahal olahraga ketika haid adalah kegiatan sangat bermanfaat. Selain mengeluarkan racun melalui keringat dan menurunkan stres, olahraga juga dapat mengurangi nyeri dan kram haid.

6. Tidak mencukupi kebutuhan zat besi

Perempuan yang sedang datang bulan dapat kehilangan banyak zat besi dari pengeluaran darah. Untuk menggantikan kehilangan zat besi tersebut, konsumsilah makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, daging, dan kacang merah.

7. Melakukan Douching

Douching berasal dari kata ‘douche’ yang dalam bahasa Perancis artinya mencuci atau merendam. Douching adalah metode untuk membersihkan vagina dengan menyemprotkan bahan tertentu yang disemprotkan menggunakan selang ke arah vagina. Bahan yang digunakan tersebut biasanya dari campuran air, cuka, antiseptik, dan pewangi. Douching diklaim dapat membersihkan vagina hingga menjangkau bagian dalamnya. Namun menurut penelitian, Kerugian douching banyak seperti dapat mengganggu keseimbangan pH alami vagina, membunuh bakteri baik yang melindungi organ kewanitaan dari infeksi, menyebabkan penyakit radang panggul (Pelvic Inflammatory Disease), infeksi vagina, komplikasi kehamilan, hingga kanker serviks. Oleh karena itu, membersihkan area vagina cukuplah menggunakan air bersih biasa untuk menghindari gangguan kesehatan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *