Megawati Ketuai PDIP 20 Tahun Lebih, Christ: Demokrat 5 Ketum Hasil Kongres, Dibilang Partai Keluarga?

Tokoh Papua, Christ Wamea. /Twitter @PutraWadapi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Tokoh Papua, Christ Wamea, menyinggung soal partai yang telah dipimpin oleh ketua umum yang sama selama 20 tahun lebih.

Dalam cuitan yang diunggah di akun Twitter pribadinya @PutraWadapi pada Sabtu, 20 Maret 2021, ia menyoroti partai politik yang dipimpin oleh orang yang sama selama 20 tahun lebih, disertai dengan anak-anak dari sang ketum yang juga berada di pucuk kepemimpinan parpol tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Ada partai yg ketumnya lbh 20 thn. Anak2nya jg dipucuk pimpinan partai tsb & full dlm pengambilan keputusan,” ujar Christ Wamea, sebagaimana dilansir Pikiranrakyat-Depok.com, Sabtu (20/3).

Ada partai yg ketumnya lbh 20 thn. Anak2nya jg dipucuk pimpinan partai tsb & full dlm pengambilan keputusan.Tapi tetap dibilang partai terbuka bkn partai keluarga. PD udh 20 thn ada 5 ketum yg berbeda. Semuanya dipilih melalui dikonggres yg resmi. Kok PD dibilang partai keluarga.— Christ Wamea (@PutraWadapi) March 20, 2021

Akan tetapi, lanjutnya, parpol tersebut tidak mendapat masalah dan tetap dianggap sebagai partai yang terbuka dan bukan partai keluarga.

“Tapi tetap dibilang partai terbuka bkn partai keluarga,” tuturnya menambahkan.

 

Membandingkan kedua partai

Ia lantas membandingkan partai yang tak ia sebut namanya ini dengan Partai Demokrat yang dipimpin oleh lima ketum berbeda dalam kurun waktu 20 tahun.

Menurutnya, semua ketum Partai Demokrat juga dipilih melalui kongres yang resmi dan sah.

Melihat fenomena yang berbeda dari kedua parpol ini, tokoh Papua ini pun dibingungkan dengan anggapan yang menyebut Partai Demokrat sebagai partai keluarga.

“PD udh 20 thn ada 5 ketum yg berbeda. Semuanya dipilih melalui di konggres yg resmi. Kok PD dibilang partai keluarga,” ujarnya mengakhiri.

Untuk diketahui, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah dipimpin oleh ketua umum yang sama sejak tahun 1999, yakni Megawati Soekarnoputri.

Terhitung hingga tahun 2021, Megawati telah menjadi Ketua Umum PDIP selama 22 tahun, dan akan menjabat hingga 2024 mendatang dalam periodenya yang kelima.

Dalam kepemimpinan partai berlogo banteng ini, terdapat pula dua putra-putri Megawati Soekarnoputri, yakni Puan Maharani yang menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan, serta Muhammad Prananda Prabowo, yang menjabat sebagai Ketua DPP Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif, dan Digital.

Di sisi lain, Partai Demokrat saat ini dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang merupakan putra dari ketum sebelumnya, yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY sendiri memimpin Partai Demokrat sejak tahun 2013, menggantikan Anas Urbaningrum, dan menjabat hingga 2020.

Partai Demokrat saat ini tengah dilanda kisruh di internal partai lantaran perebutan kepemimpinan antara kubu AHY dengan kubu Moeldoko yang didorong oleh para mantan kader yang sudah dinonaktifkan.

Sejumlah mantan kader Partai Demokrat, seperti Marzuki Alie, Jhoni Allen, serta Darmizal, beranggapan bahwa parpol tersebut harus kembali ke marwah asalnya dan jangan sampai menjadi partai keluarga.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *