Gus Baha: Jangan Protes dengan Apapun yang Sudah Allah Ciptakan, Begini Hikmahnya

Gus Baha
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews –  KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha adalah salah satu ulama Nahdlatul Ulama yang berasal dari Rembang. Gus Baha dikenal sebagai salah satu ulama ahli tafsir yang memiliki pengetahuan mendalam seputar Al-Qur’an. Ia merupakan salah satu murid dari ulama kharismatik, KH Maimun Zubair.

Dalam salah satu video ceramah yang diunggah akun Facebook Ngaji online, pada 8 April 2020, Gus Baha menjelaskan terkait adanya sementara orang yang kerap kali protes dengan apa yang sudah Allah ciptakan, misalnya protes terhadap takdir nasib dirinya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Demikian itu kata beliau hanya akan menyiksa diri dan membuat seseorang sulit menemukan kebahagiaan. Padahal menurut beliau, setiap yang Allah tentukan bagi hamba-hamba-Nya pasti memiliki hikmah.

Misalnya, lanjut Gus Baha, Allah menakdirkan adanya orang yang dicaci maki oleh tetangga dan atau saudaranya. Pasti kata Gus Baha, ada hikmahnya. Hikmahnya dosa-dosanya secara tidak langsung telah terhapus. Apa yang dilakukan orang lain dengan mencaci dirinya dapat membuat dosa-dosanya hilang.

Menurut beliau juga, semua yang suda Allah takdirkan untuk manusia pasti memiliki nilai positif. Misalnya lagi mengapa Allah menciptakan ketombe pada diri manusia. Kata Gus Baha jangan kemudian seseorang membenci dan bersikap tidak terima. Pasti ada hikmahnya.

Hikmah Allah membuat ketombe yaitu agar pabrik dapat membuat sampo atau obat-obat lain untuk menghilangkan ketombe. Sehingga banyak karyawan pabrik yang bisa bekerja dan mendapatkan masukan uang untuk hidupnya. Semua ada hikmahnya.

Gus Baha juga menyarankan agar kita selalu menyadari nikmat-nikmat Allah dibalik penciptaan-Nya. Misalnya lagi, Allah menciptakan semua bagian tubuh manusia pasti memiliki manfaat, bahkan bernilai ibadah. Mulut diciptakan, agar bisa menjadi jalan makanan sehingga kita kuat dalam beribadah. Kaki diciptakan, agar kita bisa melangkah menuju tempat ibadah. Begitu juga semuanya, memiliki nilai manfaat untuk ibadah.

Begitu kata Gus Baha soal segala sesuatu yang Allah ciptakan bagi kita. Semuanya memiliki manfaat dan hikmah. Wallahu A’lam.

Sumber: akurat

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *