Tasyakuran Harlah IPHI ke-31 Payakumbuh, Dihadiri Walikota Riza Falepi

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Payakumbuh – Dalam rangka memperingati hari lahirnya IPHI ke 31, IPHI daerah kota Payakumbuh mengadakan perayaan Tasyakuran Harlah IPHI dengan tema “MEMBANGUN SINERGI UNTUK KEBANGKITAN UMAT & KEJAYAAN INDONESIA RAYA”. Tema tersebut diambil sesuai arahan IPIH Pusat.

Kedatangan Walikota Payakumbuh Ir. H. Riza Falepi, MT bergelar Datuak Rajo Kaampek Suku di komplek IPHI Kota Payakumbuh langsung disambut oleh Drs. H. Rudy Noviardi selaku ketua IPHI Payakumbuh didampingi oleh kepala kantor Kementrian Agama Payakumbuh Drs. H. Ramza Husmen, Mpd.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebelum menuju tempat pelaksanaan peringatan di halaman SDIT IIPHI, Walikota bersama rombongan berjalan keliling komplek IPHI Payakumbuh, meninjau kesiapan Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) IPHI yang tahun ini mewakili kota Payakumbuh dalam rangka lomba Sekolah Sehat UKS tingkat provinsi Sumatera Barat.

TK Iphi Payakumbuh memiliki 213 siswa terdiri dari 85 TK A dan 128 TK B, dengan 16 guru tenaga pendidik. Sekolah TK IPHI tersebut berdiri sejak tahun 1991, pada tahun 2015 pernah meraih “Juara 3 Tingkat Nasional Sekolah Sehat”, tentunya melalui tahapan juara pertama sekolah sehat pada tahun 2013 tingkat kota serta 2014 di tingkat provinsi Sumatera Barat.

Setelah memberikan arahan, bimbingan maupun kiat-kiat dalam menghadapi lomba tingkat provinsi Sumbar, Walikota Alumni ITB Teknik Elektro tersebut juga meninjau lokasi SDIT IPHI Payakumbuh yang masih berada dalam satu lokasi komplek IPHI kota Payakumbuh, serta ‘Pelaksanaan Khitanan Masal Anak’ yang diselenggarakan oleh IPHI kota Payakumbuh.

Dalam kata sambutannya, pria kelahiran Solo 55 tahun yang telah 12 tahun lebih dipercaya sebagai Ketua IPHI Payakumbuh tersebut menerangkan bahwa IPHI Payakumbuh berawal dari “Kelompok Perhimpunan Haji Payakumbuh” yang dibentuk pada tahun 1988, dimana turut serta ‘Muktamar IPHI’ yang diselenggarakan pada 20-22 Maret 1990 di Jakarta. Dimana pada waktu itu seorang tokoh Payakumbuh Hj. Bahtiar Chamsyah yang berprofesi sebagai notaris menjadi perwakilan Payakumbuh dan Sumatera Barat turut serta mendirikan Organisasi Wadah Para Alumni Haji yaitu Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI).

Ketua IPHI Payakumbuh menjelaskan secara ringkas, bahwa belum banyak IPHI yang mempunyai Aset serta usaha mandiri yang mampu menghidupi kegiatan organisasinya. IPHI Payakumbuh pada awal mulanya mendapatkan sebidang tanah wakaf seluas 4.100 M2 dengan lokasi di tengah kota Payakumbuh karena bebatasan dengan kecamatan Payakumbuh Utara, barat dan timur.

Mushola yang awal berdirinya diperuntukan sebagai tempat bertemunya para Hujjah untuk kajian dan dakwah Al-Qur’an mulai 1988. Pada 1991 dibangunTK. Pada 1998 berkembang dengan dibangunnya Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) dengan pembangunan secara bertahap hingga pada tahun 2008 terdapat 8 ruangan lokal kelas MIS.

Pada pertengahan tahun 2008 tersebut H. Rudy dikukuhkan oleh keputusan rapat pengurus sebagai Plt ketua karena ketua terpilih Drs. H. Indra Syafri meninggal dunia. Dan kepemimpinan tersebut berlanjut pada Musyda 2012 dan 2017.

Ketua menyampaikan rasa terima kasih yang sangat besar kepada Pemko Payakumbuh yang selama ini telah banyak memberikan bantuan dan dorongan bagi perkembangan organisasi IPHI.

Karena adanya sesuatu hal, pada tahun 2013 IPHI mengambil kebijakan untuk menghentikan penerimaan murid MIS dengan melanjutkan tingkat pendidikan dasar mendirikan SD IT IPHI dengan sisten Full Day School. Sampai saat sekarang ini SDIT dan bangunan fisik yang ada telah menjadi 16 Lokal kelas dan ruangan guru serta aula untuk pertemuan berkapasitas 150 orang.

Bangunan tersebut dibiayai secara bersama dari DAK pemko serta partisipasi masyarakat para alumni Haji Payakumbuh. Ketua juga menjelaskan bahwa apabila mendapatkan bantuan DAK untuk satu lokal, IPHI mampu membangun dua lokal atau DAK dua lokal, IPHI membangun empat lokal.

Dihadapan Walikota kelahiran 17 Juni 1970 yang didampingi oleh Kakamenag, Kadis Pendidikan, Sekda dan pejabat yang lainnya, H. Rudy juga menerangkan bahwa selama ini IPHI payakumbuh merupakan ‘Ladang Amal’ bagi para Hujjah guna melestarikan kemabruran Haji menuju Haji Sepanjang Hayat.

Setelah 8 tahun berdirinya SD IT IPHI memiliki siswa sebanyak 403 murid yang terhimpun dalam 16 lokal kelas dengan 28 tenaga pendidik.

Dalam sambutan berikutnya, Walikota dari 140 ribu penduduk Kota Payakumbuh menyampaikan pesan bahwa dalam suatu kepimpinan di segala lini, seorang pemimpin haruslah mampu melakukan lompatan langkah yang sangat signifikan untuk kemajuan ekonomi masyarakatnya, dan hal ini sangat sesuai dengan tema Harlah IPHI yang ke 31.

Bapak Walikota yang masa jabatannya akan berakhir sekitar satu setengah tahun lagi (September 2022), mengajak para Hujjah kota Payakumbuh untuk terus berpartisipasi dalam membangun perekonomian kota rendang ini.

Acara Peringatan Harlah IPHI ditutup dengan peresmian kantor IPHI baru yang masih berada di komplek IPHI Payakumbuh di lantai dua, kemudian acara dilanjutkan dengan makan bersama. (Nenden).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *