Alhamdulillah! Jemaah Haji Selesai, Vaksin COVID-19 Bulan Mei

Menkes Budi Gunadi Sadikin (foto: detik)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan pada bulan Mei 2021 seluruh calon jemaah haji Indonesia selesai divaksin COVID-19. Demikian disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin saat beraudiensi via Zoom dengan Gabungan Perusahaan Haji dan Umrah Nusantara (GAPHURA), Rabu (24/3/2021).

“Pada saat ini didahulukan calon jemaah lansia, kemudian seluruh calon jemaah yang dipastikan berangkat tahun ini berdasarkan data dari Siskohat Kemenag,” ujar Menkes.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada kesempatan yang sama, Ketua GAPHURA sekaligus Pembina Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (FSATHU), Ali Moh Amin mengharapkan bahwa selain jemaah, petugas haji khusus dari PIHK juga dimasukan sebagai kelompok prioritas.

“Kami memohon kepada pak Menteri agar Petugas PIHK dan Pembimbing Ibadah Haji Khusus juga termasuk kelompok prioritas vaksin. Karena petugas haji khusus tidak masuk di Siskohat, jika tidak diprioritaskan oleh Menkes, kami khawatir saat keberangkatan petugas dan Pembimbing belum vaksinasi penuh sebagaimana disyaratkan Kemenkes Saudi,” tegas Ali.

Kapuskeshaji Kemenkes, Eka Yusuf Singka yang mendampingi Menkes dalam audiensi tersebut menerangkan bahwa Puskeshaji siap membantu dokter dan tenaga kesehatan haji khusus saat pelaksanaan haji jika nanti terselenggara. Puskeshaji akan menerbitkan surat keterangan obat-obatan yang disediakan PIHK hingga layanan fasilitas klinik kesehatan di Mekah dan Madinah bagi jamaah haji khusus.

Menutup pertemuan online tersebut, Menkes Budi Gunadi berpesan agar GAPHURA beserta asosiasi lain segera berkoordinasi dengan Kapuskeshaji terkait tempat karantina bagi jemaah haji khusus.

“Untuk haji reguler, asrama haji telah ditetapkan sebagai tempat karantina sebelum berangkat, maka tolong untuk haji khusus segera dikoordinasikan akan memakai tempat dimana dan bagaimana teknisnya, jika di hotel segera tetapkan dan pertimbangkan biayanya agar tidak memberatkan jamaah,” ujar Menkes Budi.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *