Singa, Anjing dan Kambing

Singa, Anjing dan Kambing
Ahmad Sastra
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Memang kabar tentang akhir zaman cukup mengerikan. Selain hadirnya pemimpin jahat seperti singa, hakim seperti anjing, bahkan Rasulullah juga bersabda bahwa akhir zaman juga akan datang pemimpin yang bodoh dan dungu, dimana para pengkhianat dipercaya dan orang jujur justru dikhianati.

Rasulullah bersabda, Akan datang kepada manusia tahun-tahun yang penuh dengan penipuan. Ketika itu pendusta dibenarkan, sedangkan orang jujur malah didustakan, pengkhianat dipercaya sedangkan orang yang amanah justru dianggap sebagai pengkhianat. Pada saat itu ruwaibidhan berbicara. Ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud ruwaibidhah ?”. Rasulullah menjawab, “Orang dungu yang turut campur dalam urusan masyarakat luas”. (HR Ibnu Majah dalam as Sunan [4042], diriwayatkan juga oleh Abu Abdillah Al Hakim dalam al Mustadrak [4/465, 512], Ahmad bin Hanbal dalam al Musnad [2/291], hadis ini disahihkan Al Albani dalam as Shahihah [1887] as Syamilah).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jika telah lahir singa, anjing dan kedunguan, maka apa jadinya sebuah bangsa dan rakyat. Yang akan muncul di suatu bangsa adalah kezoliman dan azab. Jika demikian, maka tingga menunggu kehancuran sebuah peradaban suatu bangsa.

Menurut Sosiolog muslim, Ibnu Khaldun, suatu peradaban akan runtuh disebabkan oleh lima hal. Pertama, ketidakadilan, yang menyebabkan jarak antara orang kaya dan miskin begitu lebar. Kedua, merajalelanya penindasan, yang kuat menindas yang lemah. Ketiga, runtuhnya adab atau moralitas para pemimpin negara. Keempat, pemimpin yang tertutup, tidak bisa dinasehati, meski berbuat salah. Kelima, bencana alam besar-besaran. Ironisnya, kelima indikator ini ada di negeri ini.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *