Dapat Datangkan Kebaikan dan Keberkahan, Berikut Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan

Berikut Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan
foto: daging kambing baik untuk kesehatan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HajinewsDaging kambing muda amat digemari banyak orang, selain empuk juga baik mendatangkan manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Beraneka olahan daging kambing dapat kita temui, mulai dari sate, gule, sop, dan semur daging kambing, salah satu kasiatnya adalah untuk menambah stamina tubuh kita.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Banyak orang gemar mengonsumsi daging kambing, terlebih yang muda, Rasulullah SAW mengatakan bahwa kambing memiliki banyak kebaikan dan keberkahan.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda dibawah ini

اتخذوا الغنم فإن فيها بركة

Artinya, “Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing kerana di dalamnya terdapat keberkahan”. (HR Ahmad)

Dari sekitar banyak para Nabi yang diutus Allah SWT, melainkan mereka pernah mengembala kambing, termasuk Rasulullah Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam.

Sebagaimana beliau Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

ما بعث اللهُ نبيًّا إلا رعى الغنمَ . فقال أصحابُه : وأنت ؟ فقال : نعم ، كنتُ أرعاها على قراريطَ لأهلِ مكةَ

Artinya, “Tidaklah seorang Nabi diutus melainkan ia menggembala kambing. Para sahabat bertanya, apakah engkau juga?”

Beliau menjawab, “iya, dahulu aku menggembala kambing penduduk Makkah dengan upah beberapa qirath.” (HR. Al Bukhari, nomor 2262).

Berikut ini adalah manfaat daging kambing, serta keutamaannya yang tersebut di dalam riwayat, maupun Al-Qur’an Al-Karim, salah satunya,

Ungkapan Sayyidina Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu’anhu beliau berkata, “Makanlah daging, karena daging dapat membersihkan warna kulit, mengecilkan perut, dan memperindah tubuh.”

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman sebagai berikut:

وَأَمْدَدْنَٰهُم بِفَٰكِهَةٍ وَلَحْمٍ مِّمَّا يَشْتَهُونَ

Artinya, “Dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini.” (Ath-Thur : 22)

Syekh Ibnu Qayyim rahimahullah dalam kitab Thibbun Nabawi menegaskan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam menyukai daging.

Daging yang paling disukai oleh beliau adalah bagian kaki dan punggung. Sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiallahu’anhu, berkata:

“Makanlah daging, karena daging dapat membersihkan warna kulit, mengecilkan perut, dan memperindah tubuh.”

Syekh Ibnu Qayyim rahimahullah menjelaskan, daging domba muda  bisa menghasilkan darah yang baik jika dicerna dengan baik.

Daging domba yang terbaik berwarna gelap dari hewan jantan. Lebih ringan, lebih gurih, dan lebih bermanfaat. Juga gaging domba yang dikebiri lebih baik dan lebih bermanfaat.

Menurut Ibnu Qayyim, daging merah dari domba gemuk lebih ringan dan lebih bernutrisi, sementara dada kambing kurang nutrisinya dan mengapung di lambung.

Syekh Ibnu Qayyim rahimahullah mengatakan, “daging, madu dan manisan adalah jenis makanan terbaik dan paling bermanfaat untuk tubuh, hati dan anggota tubuh.

Menyantap makanan seperti itu amatlah bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan stamina. Tidak berbahaya, kecuali bagi penderita penyakit tertentu.”

Sumber: mantrasukabumi

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *