Kemenristek Dilebur ke Kemendikbud, Sosok Menteri Boleh Anak Muda, Tapi yang Paham Pendidikan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) akan segera dilebur atau digabung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hal ini sesuai dengan usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah disetujui oleh DPR RI melalui rapat paripurna, Jumat (9/4) kemarin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menilai peleburan itu sebaiknya diikuti oleh sosok pemimpin yang tepat untuk memimpin kementerian tersebut.

Abdul Fikri menilai seharusnya kementerian itu sebaiknya dipimpin oleh seseorang yang paham tentang pendidikan.

“Sebaiknya memang yang paham pendidikan. Boleh sih anak muda,” ujar Abdul Fikri, dilansir dari laman Tribunnews.com, Sabtu (10/4/2021).

Menurut politikus PKS itu, sosok yang diperlukan untuk memimpin kementerian itu sejatinya haruslah memiliki daya inovasi seperti Nadiem Makarim.

Namun, Abdul Fikri menilai daya inovasi saja tidaklah cukup. Perlu ada kemampuan konservasi yang kuat pula dari sosok tersebut.

“Kalau bisa sih yang punya daya inovasi seperti Nadiem Makarim, tapi yang juga memiliki kemampuan konservasi yang kuat,” jelasnya.

“Agar pendidikan kita sesuai akar budaya bangsa yang sudah lama dibangun, sehingga falsafah pendidikan Ki Hajar Dewantoro tak lenyap,” tandasnya. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *