Etika Komunikasi Publik

Etika Komunikasi Publik
ilustrasi: etika komunikasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Prof. Abd.Rasyid Masri ( Akademisi dan Pebisnis )

Hajinews – Ketika kuliah magister komunikasi di Pasca Sarjana Unhas, Salah seorang dosen komunikasi menekankan pentingnya belajar etika komunikasi publik, sebab tidak hanya menyampaikan informasi tapi menyangkut opini dan persepsi publik tentang diri kita dan apa yang disampaikan bahkan di dalamnya ada resiprokal, bahasa sederhananya tercipta pertukaran sinyal.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bahasa lebih sederhana lagi bagi perbincangan orang kampung selalu menekankan etika sopan santun berbicara terutama kepada orang tua atau orang yang lebih tua atau dituakan atau kepada orang banyak.

Orang tua di desa desa yang masih bersahaja melarang anaknya banyak bercanda’ yang bukan pada tempatnya sebab kalau terlalu banyak berkata kara canda kata orang tua akan berpotensi banyak dusta dan bumbu kebohongan di dalamnya .

Orang tua di kampung banyak yang tidak sekolah tinggi dan rendah pemahaman agamanya tapi banyak nasehatnya sejalan dan bersentuhan dengan Sunnah Nabi, Nabitta Muhammad SAW.“mengajarkan “barang siapa yang beriman kepada Allah Hendaklah dia berkata dengan perkataan yang baik atau diam ( hadis riwayat .Buhari).

Ukuran etika komunikasi

bagi orang kampung jangan ada dusta dan kebohongan dalam bercakap, bercerita walau itu niat melucu atau melawak, kalau mau melucu, melucu lah tapi jangan ada dusta. Tapi kalau kau ragu dan takut berdosa lebih baik diam atau menahan diri.

Allah SWT juga marah besar kepada orang orang yang selalu melucu tapi bersifat di buat buat, Alquran mengajarkan dalam surat  Al Ahzab ayat 70 “Hai orang orang yang beriman’bertaqwalah kamu kepada Allah dan katakanlah dengan perkataan yang benar “. Artinya jangan berlebih lebihan dalam berbicara, jangan  ada bumbu dusta walaupun itu sekedar bercanda, perkataan yang di suka oleh Allah adalah perkataan yang benar. Walau terkadang pahit atau tak disukai orang lain yang merasa terganggu karena menyenggol kepentingannya termasuk biasanya para penguasa atau pengusaha tertentu.

Dalam ilmu komunikasi publik percakapan yang baik adalah hadirnya sikap saling memahami antara komunikator dengan komunikan sehingga pembicaranya lebih terarah dan bermutu bukan asal ngomong dan tidak memperhatikan perasaan pendengarnya .

Etika komunikasi juga mengajarkan untuk pandai mengalah dalam diskusi atau perdebatan untuk menjaga hubungan satu dengan yang lainnya .

Tulisan ini saya tutup dengan satu hadis, HR.Abu Daud ‘Aku akan menjamin sebuah istana di sekitar surga bagi siapa saja meninggalkan perdebatan walaupun dia dalam keadaan benar. dan di pertengahan surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan walau dalam bercanda ,melucu  dan surga tertinggi bagi yang terpuji akhlaknya “jadi komunikasi yang baik cermin akhlak seseorang . Demikian semoga sehat semua berpuasa dan jaga diri dari perkataan yang sia sia dibulan yang suci yang berpotensi ada unsur dusta dan  dosa .wslm Dakwah Sipakainge .

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *