The Real Leader

The Real Leader
Amien Rais
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh. Ariadi MSi.

Hajinews – Prof. Dr. H. Muhammad Amien Rais sebagai tokoh Reformasi memang luar biasa, diusianya yang 77 tahun (dilahirkan tanggal 26 April 1944), kelihatan tetap bersemangat melawan kedzoliman, tegakkan keadilan. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan ” Selamat Milad ke 77 Tahun, Semoga Sehat Selalu, Allah berikan umur yang Barokah kepada Bapak, Aamiiiin…

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Saya tidak sedang berbicara mengenai MAR. Saya bicara mengenai seorang leader, berbicara tentang efektifitas, resonansi dan influence. Ketiganya lengkap pada Sosok MAR tokoh dan lokomotif Reformasi. Jarang sekali pemimpin sampai begitu powerfull.

Di tengah tekanan penguasa, ditengah fitnah yang terus disebarkan, di tengah himpitan kesulitan krisis, tapi soliditas konstituennya semakin kuat. Gerakan amar makruf nahi mungkarnya gak berkurang; gerakan dakwahnya terus berjalan; aktivitas bantuan sosialnya terus mengalir. Lihat, efektif sekali.

Apakah konstituen/loyalis minta gaji ? TIDAK.
Apakah pengikutnya minta jabatan? TIDAK.
Apakah pengikutnya minta harta, pangkat, rumah, mobil, uang? TIDAK.

Ini tuntunan sekaligus tontonan yang menarik, yang membuat kita semua bisa belajar, siapa sebenarnya leader itu.

Di sisi lain.. Banyak pemimpin mengeluh; anak buahnya brengsek, lamban, gak punya aura krisis, gak berprestasi, korupsi lagi.. Padahal: padahal gaji besar, fasilitas mewah, prestise tinggi, status sosial terhormat. Sang pemimpin terus mengeluh, menyalahkan sana sini, faktor global, eksternal, mengancam segera reshuffle, dan seabrek kekecewaan lain divideokan dan diunggah utk publik…???.

Saya katakan, yang seperti itu bukan pemimpin tapi pimpinan alias boneka. Dia penguasa tapi tidak berkuasa; ia leader tapi tidak leading; ia ruler tapi tidak ruling; ia pemerintah tapi tak kuat untuk memerintah.

Jadi siapa real leader itu.?. Jawab saya: ‘dia yang punya kekuatan influence, dia yang punya resonansi dan dia yang efektif, dia yang punya ikatan hati, moral dan spiritual dengan konstituennya, dia yang benar-benar bertindak ‘very low cost high impact’!.

Dan akhirnya saya mengerti bahwa ‘Leadership adalah hubungan’.

Seharusnya para pemimpin atau juga pimpinan di mana saja, bisa belajar dari MAR tersebut.

Selamat belajar jadi pemimpin..

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *