Dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum Lengkap dengan Keutamaannya di Sisi Allah SWT

Dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum Lengkap dengan Keutamaannya di Sisi Allah SWT
ilustrasi: dzikir
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Ada banyak lafadz dzikir yang bisa dibaca oleh seorang Muslim, salah satunya ya hayyu ya qayyum. Lafadz dzikir ini merupakan dzikir asmaul husna, yakni dzikir dengan menyebut nama baik Allah SWT.

وَلِلّٰهِ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى فَادۡعُوۡهُ بِهَا‌ ۖ وَذَرُوا الَّذِيۡنَ يُلۡحِدُوۡنَ فِىۡۤ اَسۡمَآٮِٕهٖ‌ ؕ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ
“Dan Allah memiliki Asma’ul-Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma’ul-Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”
Dzikir asmaul husna memiliki beberapa keutamaan di sisi Allah, di antaranya dapat menentramkan hati, menambah keimanan, menumbuhkan rasa takut kepada Allah, dan menggerakan hati untuk beramal baik.
Tapi bagaimana kedudukan dzikir ya hayyu ya qayyum dalam Islam? Apa saja keutamaannya? Simaklah penjelasan berikut
Dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum Lengkap degan Keutamaannya di Sisi Allah SWT (1)
Ilustrasi dzikir ya hayyu ya qayyum. Foto: pixabay

Dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum

Dzikir ya hayyu ya qayyum sangat dianjurkan untuk diamalkan oleh setiap Muslim. Dzikir ini terdiri dari dua nama baik Allah, yaitu al-hayyu dan al-qayyum.
Al-hayyu artinya Yang Maha Hidup, kekal abadi, tidak berawal serta tidak pula berakhir. Sifat tersebut dimiliki Allah SWT yang berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya. Dia kekal abadi dan tidak pernah mati.
Sedangkan Al-Qayyum artinya Maha Berdiri Sendiri. Allah SWT adalah dzat yang tidak membutuhkan pertolongan orang lain, tapi orang lain lah yang membutuhkan pertolongan Allah.
Kedua nama ini merepresentasikan sifat Allah yang mulia. Seorang Muslim yang mengamalkan dzikir ini tentu akan mendapatkan keutamaan yang besar di sisi-Nya.
‏Mengutip dari buku Fiqih Doa dan Dzikir karya Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin, sebagian ahli ilmu berpendapat bahwa nama Allah yang paling agung adalah ‘al-hayyu al-qayyum’. Ibnu Al-Qayyim menyatakan dalam kitabnya Zaadul Ma’ad:
“Sesungguhnya sifat ‘hayaat’ (hidup) mencakup semua sifat-sifat kesempurnaan, dan berkonsekuensi kepadanya. Sedangkan sifat ‘al-qayyum’ mencakup semua sifat-sifat. Oleh karena itu , nama Allah paling agung, yang jika digunakan berdoa niscaya Allah kabulkan, dan bila digunakan meminta izin maka Allah akan memberikan, ia adalah nama ‘al-hayyu al-qayyum.”
Keutamaan lain dzikir ya hayyu ya qayyum di antaranya diberi kelancaran rezeki, diberi keberkahan dalam hidup, dicintai oleh setiap orang, disegani hingga dihormati oleh banyak orang. Kemudian dzikir ini juga bisa memberikan wibawa yang baik bagi orang yang mengamalkannya.
Sumber: kumparan

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *